News

Bongkar Tanaman di halaman Rumah, Pasangan ini Temukan Harta Karun Rp724 Juta

NEW YORK  - Sepasang suami istri asal Staten Island, Amerika Serikat, mendapatkan penemuan mengejutkan saat sedang membongkar tanaman di halaman belakang rumah mereka.

Matthew dan Maria Emanuel sedang mencoba memperbarui tampilan di kebun mereka dengan cara menebang pohon lama dan menggantinya dengan yang baru. Namun betapa terkejutnya mereka ketika menemukan sebuah harta karun terkubur di kebun mereka.

Keduanya menemukan emas, berlian, dan sejumlah uang tunai dalam sebuah kotak. Tak tanggung-tanggung, benda-benda berharga yang mereka temukan jika dikalkulasikan bernilai 38.000 Pound atau setara dengan Rp724 juta.

"Penemuan ini benar-benar mengejutkan. Seperti sedang memimpikan kehadiran seorang anak, lalu menemukan harta terpendam. Benar-benar tak bisa dipercaya," kata Matthew saat diwawancarai, seperti dikutip dari metro.co.uk, Sabtu (19/5/2018).

Pasutri yang telah menempati rumah tersebut selama empat tahun itu sama sekali tidak menyadari bahwa di rumahnya tersimpan harta berharga sebanyak itu. Matthew juga mengungkapkan bahwa selain terdapat barang berharga dalam kotak, ada juga sebuah kertas bertuliskan sebuah alamat yang tidak jauh dari rumah mereka.

"Saya mencoba mendatangi rumah tersebut dan bertanya apa mereka pernah dirampok sebelumnya. Kemudian penghuni rumah membenarkannya," bebernya.

Setelah ditelusuri melalui Departemen Kepolisian New York, rupanya di rumah tersebut memang pernah terjadi pembobolan pada 2011 lalu. Sebuah brankas dengan total harta senilai USD 52.000 pun diambil.

Keduanya pun memutuskan mengembalikan hasil temuan itu kepada tetangga yang pernah kecurian. Mereka pun mengaku terkejut dan bersyukur atas kembalinya barang-barang tersebut.

Ketika ditanya mengapa pasutri tersebut memutuskan mengembalikan harta karun tersebut dan bukan menyimpannya sendiri, Maria menjawab, "Itu bukan pertanyaan, sebab barang-barang itu bukan milik kami," jawabnya. Kini keduanya menempatkan sebuah patung gajah di mana kotak harta karun itu ditemukan sebagai pengingat di masa mendatang.*