News

BNPB: Hingga 4 Pekan Kedepan, Gempa Susulan Masih Ada

LOMBOK - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperkirakan, gempa susulan di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bali masih akan terjadi hingga 4 minggu ke depan. Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyrakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan, hingga saat ini masih terjadi gempa susulan di kedua wilayah tersebut.

Berdasarkan data BNPB, tercatat sudah 576 gempa susulan sejak gempa 7 SR mengguncang wilayah NTB dan sekitarnya, meskipun intensitas gempa susulan relatif kecil.

"Diperkirakan gempa susulan ini masih akan terjadi hingga 4 minggu ke depan," kata Sutopo melalui keterangan resmi, Ahad (12/8/2018).

Sutopo pun mengkonfirmasi kabar yang menyebutkan bahwa pada pukul 22:30 WITA hingga 23:59 WITA malam ini akan terjadi gempa susulan 7,5 SR, dengan imbauan agar masyarakat setempat tidak berada di rumah.

Bahkan, ada pula kabar bohong mengatasnamakan BNPB yang berisi sebuah ramalan orang Belanda yang memperingatkan akan ada gempa besar. Sutopo menegaskan, kabar-kabar yang beredar itu sama sekali tidak benar.

"Itu semua hoax, tidak benar. Ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia saat ini belum bisa memprediksi gempa secara pasti, di mana, kapan, berapa besar gempanya," tegasnya.*