Lingkungan

Malam Ini, Empat Wilayah di Riau Masih akan Hujan

PEKANBARU - Provinsi Riau pada malam hari terus diguyur hujan selama sepakan ini. Bahkan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru juga memprediksikan hujan dengan intensitas ringan masih mengguyur Riau malam ini. 

"Diperkirakan, ada 4 wilayah di Riau yang akan diguyur hujan malam ini. Hujan merata di wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Kampar, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir," terang Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sukisno, Senin (27/8/2018).

Hujan terus akan menguyur di sebagian wilayah Rohil dan juga Kampar pada hingga dini hari. Sementara itu, dari data BMKG diketahui suhu udara Riau berada di kisaran 22.0 – 33.5 derajat celcius dengan kelembapan udara 50 – 92 persen. Sementara arah angin berhembus ke Selatan - Barat Daya dengan kecepatan 09 - 27 kilometer per jam.

Meski beberapa hari diguyur hujan, jumlah titik panas masih terpantau di Tiau. Total hari ini ada 32 titik panas yang terpantau di Riau. Pantauan satelit modis terra dan aqua, hotspot tersebar di 5 wilayah dengan sebaran, Rokan Hilir 20 titik, Bengkalis 3 titik, Pelalawan 1 titik, Rokan Hulu 1 titik dan Dumai 7 titik.

Dari 32 hotspot yang ada di Riau tersebut, 26 diantaranya memiliki level confidence di atas 70 persen yang berarti di wilayah tersebut diduga kuat ada aktivitas kebakaran lahan dan hutan. Titik api tersebut berada di Rokan Hilir 19 titik, Bengkalis 1 titik dan Dumai 6 titik.*