News

Menlu Retno: Indonesia Garda Terdepan Palestina

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan sikap Indonesia untuk selalu berada di garda terdepan mendukung Palestina. Pernyataan itu ditegaskan di panggung perdamaian dan kemanusiaan dalam rangka minggu perdamaian dan kemanusiaan di arena Car Free Day Bunderan HI Jakarta, Ahad (14/10/2018). 

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi bersama Menlu Palestina Riyad al-Maliki jalan santai di bersama rombongan di arena CFD. Jalan santai yang dimulai dari Wisma Mandiri tersebut berakhir di panggung perdamaian dan kemanusiaan di kawasan Bundaran HI. Jalan santai tersebut dalam rangka minggu solidaritas untuk Palestina, dari Indonesia untuk Palestina dengan mengadakan "Walk For Peace and Humanity".

Setibanya di panggung perdamaian dan kemanusiaan, Menlu Retno dan Menlu Palestina disambut tarian tradisional dari Betawi. Setelah itu hiburan musik dari 57 Kustik memeriahkan acara tersebut sebelum kata sambutan dari Menlu Retno dan Menlu al-Maliki.

"Kami menyambut hangat saudara kita Menlu al-Maliki. Mari kita tepuk tangan untuk Palestina," kata Retno

"Pemerintah Indonesia dan diplomasi Indonesia selalu berada di garda paling depan saat kita membahas isu Palestina," ujar Retno

Sebagai bentuk dukungan Indonesia untuk Palestina, digelar minggu solidaritas untuk Palestina yang telah dimulai di Bandung dengan meresmikan Palestinian Walk. Selain itu juga digelar jalan santai di CFD yang diikuti oleh Menlu Retno Marsudi dan Menlu Palestina Riyad al-Maliki serta sejumlah pejabat di Kementerian Luar Negeri.

"Besok juga ada pertemuan Menlu Palestina dengan Presiden RI dan parlemen. Minggu ini kita lakukan banyak hal untuk mencerminkan dukungan kita yang konsisten untuk Palestina," tambah Retno.

Indonesia merupakan salah satu negara yang konsisten mendukung kemerdekaan Palestina dari kekuasaan Israel.

"Kita semua bersatu sebagai satu Indonesia untuk mendukung kemerdekaan Palestina dan perjuangan rakyat Palestina. Terima kasih sudah hadir di sini untuk menunjukkan keberpihakan kita untuk Palestina. Sekali lagi kita bersatu, satu Indonesia untuk Palestina," kata Menlu Retno.

Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki menuturkan, semua bentuk dukungan dan solidaritas dari pemerintah dan masyarakat Indonesia menjadi udara segar bagi Palestina.

"Terima kasih telah memberikan kami 'udara segar', 'udara segar' dari Jakarta, Indonesia kepada Palestina," kata Menlu al-Maliki di tempat sama.

Menurut dia, dukungan dan solidaritas yang diberikan Indonesia sangat penting bagi Palestina yang selama 51 tahun wilayahnya diduduki oleh Israel.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada semua yang hadir di sini yang telah menunjukkan dukungan dan solidaritasnya untuk perjuangan masyarakat Palestina," tambah al-Maliki.

Dia juga mengatakan bahwa dukungan dan solidaritas masyarakat dan Pemerintah Indonesia tersebut akan disambut baik oleh masyarakat Palestina.*