Eksbis

Ayo Berburu Kuliner di Riau Expo 2018

PEKANBARU - Meski dinilai sepi pengunjung dan tidak semeriah sebelumnya, namun pengunjung tetap bisa menemukan hal-hal menarik di Riau Expo tahun ini. Aneka sajian kuliner siap menyambut Anda saat berkunjung ke Riau Expo 2018 yang digelar di halaman Kediaman Gubernur Riau Jalan Diponegoro, Pekanbaru yang digelar mulai tanggal 3-9 November mendatang.

Aneka stand makanan mulai dari yang ringan hingga yang berat ada di sini. Mulai dari minuman biasa hingga minuman yang lagi viral pun ada di sini. 

Sebut saja ada makanan ringan seperti kentang putar, otak-otak Singapura, bakso goreng, bakso bakar, mie ayam, sate, bubur ayam Jakarta hingga berbagai macam minuman seperti Manggo Thai yang sedang viral saat ini dan berbagai minuman lainnya.

Namun memang tak hanya berbagai aneka kuliner saja yang ada di Riau Expo, pernak pernik dan juga pakaian juga ada dijual disini. Yang lebih uniknya lagi, baju yang dijual di sini bisa langsung disablon nama.

Salah seorang pengunjung Riau Expo, Tari mengatakan dirinya memang selalu rutin datang pada kegiatan yang digelar setiap tahunnya ini.

"Saya memang suka sekali ke Riau Expo. Selain banyak kulinerannya, ada jiga yang jual pernak-pernik lainnya. Saya sangat suka," ujar Gadis yang saat ini bekerja di salah satu rumah sakit di Pekanbaru ini.

Ia mengatakan, selain itu dirinya juga sangat senang mengunjungi stand-stand milik pemerintah dan perusahaan swasta.

"Itu tadi ada saya lihat di stand dinas pertanian ada kayak patung-patung orang tapi dihiasi berbagai hasil pertanian, nampak cantik dan uniklah," ucapnya.

Salah seorang penjual Bubur Ayam Bang Aje mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan tahunan ini. Dengan adanya Riau Expo memberikan kesempatan kepada UKM-UKM yang yang ada di Riau untuk memperkenalkan produknya.

"Mudah-mudahan kegiatan ini bisa sukses dan terus bisa dilakukan setiap tahun," pungkasnya.

Sepertu diberitakan sebelumnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau kembali menggelar Riau Expo 2018. Event tahun ini berlangsung selama satu minggu di komplek kediaman Gubernur Riau, jalan Diponegoro, Pekanbaru.  

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayan Terpadu  Satu Pintu (DPM-PTSP) Riau, melalui Kabid Promosi, Heru, mengatakan, untuk tema Riau Expo tahun ini pihaknya mengangkat tema "Melalui Riau Expo 2018, kita tingkatkan tujuan investasi, pariwisata dan perdagangan di Provinsi Riau. 

Heru menjelaskan alasan mengambil tema menyangkut pariwisata dan perdagangan. Menurutnya dengan kondisi provinsi Riau saat ini kita Tidak bisa lagi bergantung kepada minyak dan gas. 

"Makanya perlu pengembangan dari pemerintah agar potensi-potensi di daerah dapat dikembangkan. Apalagi saat ini sektor pariwisata tengah giat digencarkan oleh pemerintah. Karena itu kita harapkan dari pariwisata ini bisa menopang peningkatan investasi di Riau," paparnya. 

Sedangkan untuk perdagangan sendiri, tambah Heru, Riau memiliki kawasan industri di daerah seperti kawasan Industri Pelintung Dumai, Tanjung Buton Siak dan Kuala Enok Indragiri Hilir. 

"Kemudian ada juga daerah yang tengah peningkatan industri hilirisasi seperti Tekno Park Pelalawan. Dimana pemerintah setempat lahan dan zonasinya bagi para investor yang ingin berinvestasi," paparnya. 

Untuk diketahui, kegiatan ini persertanya terdiri dari pemerintah kabupaten/kota, OPD Pemprov Riau, perbankan, intansi vertikal dan swasta, otomatif dan UMKM di Riau.  

Sedangkan pola penganggaran yang dilakukan Pemprov Riau melalui sayembara. Dimana PT Arsi Mitra Mandiri pemenang sayembara. Karena itu Riau Expo sepenuhnya dibiaya oleh Event Organizer (EO).*