News

Uang Tunai Bisa Bantu Turunkan Berat Badan? Ini Penjelasannya

JAKARTA - Perkembangan teknologi membuat semua orang beralih ke arah digital, termasuk alat pembayaran. Kini, pembayaran digital dan uang elektronik terus berkembang.

Pembayaran digital bisa dilakukan untuk transportasi umum, belanja, dan makan di restoran. Biaya parkir kendaraan pun bisa dilakukan dengan pembayaran digital.

Banyak perusahaan menciptakan aplikasi pembayaran non tunai. Sistem pembayaran ini menggeser pembayaran tunai.

Sedikit demi sedikit masyarakat mulai meninggalkan uang tunai. Padahal, uang cash punya manfaat yang tak bisa ditawarkan oleh pembayaran non tunai. Dikutip dari Dream.co.id, keuntungan yang pertama adalah membantu untuk menurunkan berat badan.

Seorang ilmuwan bernama Brian Wansink mengatakan salah satu strategi menurunkan berat badan tanpa diet adalah membayar dengan uang tunai. Dia mengatakan orang-orang yang bertahan dengan uang tunai, membeli lebih sedikit soda dan makanan penutup di tempat kerja.

Ke dua, uang tunai membantumu untuk bernegosiasi. Miliarder AS, Mark Cuban, mencontohkan uang tunai bisa membantumu untuk berunding tentang harga, contohnya harga baju. Kalau pembeli menjual baju dengan harga yang mahal, kamu bisa menawar dengan harga yang lebih rendah.

"Bernegosiasi dengan uang tunai adalah cara yang jauh lebih baik untuk mendapatkan pengembalian investasi kamu," kata dia.

Ke tiga, membantumu berhemat. Para ahli mengatakan transaksi dengan uang tunai bisa membantumu berhemat. Pembayaran uang tunai akan lebih terasa daripada pembayaran non tunai.

Menggunakan kartu kredit atau kartu debit akan terasa kurang nyata daripada uang tunai. Kamu tidak melihat secara langsung jumlah uang yang hilang.

Lantas bagaimana caranya? Kamu bisa menarik sejumlah uang untuk keperluan selama seminggu atau sebulan. Dengan begitu, kamu bisa menekan pengeluaran lain yang tak diperlukan. *