Life

Intip Cara 'Aneh' Berhemat Orang Terkaya dan Sukses di Dunia

JAKARTA - Benarkah hemat pangkal kaya? Belum tentu benar. Tetapi orang kaya pastilah hemat. Terbukti, para orang terkaya dan terkenal dunia saat ini juga masih suka mengirit pengeluaran.

Bahkan banyak yang menggunakan cara unik hingga aneh demi menghemat uang. Sebagian orang ternama seperti Lady Gaga bahkan masih menggunakan kupon saat berbelanja di toko grosir. Sementara bos Facebook, Mark Zuckerberg masih lebih memilih mengendarai mobil murahnya.

Berikut lima orang terkaya dan sukses dunia yang memiliki kebiasaan unik nan aneh dalam mengelola uang seperti dilansir dari CNBC;

1. Sarapan Kurang dari Rp50.000
Lebih dari 50 tahun, CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett dilaporkan selalu menikmati menu sarapan yang sama. Bianya bahkan tak sampai Rp 50.000.

Setiap hari dia memesan tiga item McDonalds dengan total harga termahal USD 3 atau Rp 42.560 (USD 1 = Rp 14.186).

2. Memakai pakaian yang sama berhari-hari


Pemain sepakbola Rob Gronkowski memiliki kebiasaan irit terkait pakaian. Dia mengaku akan terus memakai pakaian dan sepatu yang dia suka hingga sudah sobek dan tidak biasa dipakai lagi.

Dia bahkan menyebut dirinya bisa memakai jeans yang sama selama 7 hari berturut-turut.

3. Menahan diri tak mengeluarkan uang


Pemenang medali emas olimpiade bidang gymnastic Simone Biles tak begitu menikmati uang yang dia peroleh. Biles mengaku dirinya takut bangkrut.

Dia terus berjaga untuk tidak boros. Dia bahkan menantang dirinya untuk bepergian berhari-hari tanpa mengeluarkan uang. Tapi tentu saja dia tetap membeli bahan bakar saat mobilnya nyaris kehabisan bahan bakar. Dia bahkan tidak pernah menggunakan kartu kreditnya.

4. Berbelanja pakaian murah


Bintang Baseball Giancarlo Stanton menandatangani kontrak seniali USD 325 juta pada 2014. Tiga tahun setelahnya, dia bahkan ditransfer dengan harga USD 28,2 juta.

Dengan harta sebanyak itu, dia justru tak pernah membeli baju bermerek. Dia mengaku lebih suka memakai baju biasa karena merasa tak butuh banyak uang untuk bergaya.

5. Gunakan 2 Pasang sepatu yang sama selama 10 tahun


Mantan walikota New York City sekaligus orang terkaya kesembilan di dunia, Michael Bloomberg ternyata punya catatan penghematan uang yang luar biasa. Dia dilaporkan mengenakan dua pasang sepatu hitam yang sama untuk bekerja lebih dari 10 tahun.

Menurutnya, jika masih bisa diperbaiki, Anda tak perlu membuang uang untuk mendapatkan barang yang baru.*