News

2.206 WNI di Malaysia Sudah Tiba di Empat Pelabuhan Riau, Ini Rinciannya

PEKANBARU - Sebanyak  2.206 Warga Negara Indonesia (WNI) tiba di empat pelabuhan Provinsi Riau setelah transit di pelabuhan Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau. 

Data tersebut terhitung sejak tanggal 26 Maret hingga 15 April 2020 yang dihimpun oleh Dinas Perhubungan Provinsi Riau. 

Empat pelabuhan tersebut yang menjadi tujuan WNI itu yakni Pelabuhan Selatpanjang, Mengkapan, Bengkalis dan Dumai.

"Iya jumlah kedatangan WNI dari Malaysia melalui pelabuhan Tanjung Balai Karimun yang masuk di empat pelabuhan Riau berjumlah 2.206 orang. Ini data yang sudah kita rekap dari 26 Maret sampai 15 April 2020," kata Kepala Dishub Provinsi Riau, M Taufiq OH, Rabu (15/4/2020). 

Dia mengatakan, ribuan WNI Malaysia itu semuanya sudah dipulangkan di daerahnya masing-masing. Dari 2.206 WNI sebagian dari provinsi tetangga seperti Sumatera Barat, Bengkulu, Aceh, Sumatera Selatan, Sumatera Utara dan Jambi.

"Ada juga WNI yang singgah di kabupaten/kota di Riau, seperti Pekanbaru, Rohil, Kampar, Pelalawan, Siak, Inhu, Bengkalis, Rohul dan Dumai," terangnya. 

Lebih lanjut Taufiq mengatakan, sebelum WNI dipulangkan ke daerah masing-masing, saat sampai di pelabuhan Riau tetap dilakukan protokol kesehatan, walaupun sebelumnya di Tanjung Balai Karimun sudah dilakukan pemeriksaan. 

"Setelah diperiksana dengan Tharmal Scaner semuanya sehat. Kemudian kita pulangkan ke daerahnya masing-masing, kalau WNI asal Riau tanggung jawab kita yang mengatur dengan kabupaten/kota," terangnya. 

"Nanti saat tiba di kabupaten/kota para WNI akan disambut petugas di sana. Kemudian mereka harus melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari. Dan ini dipantau oleh petugas kesehatan," tutupnya. 

Berikut 2.206 WNI Malaysia yang tiba di empat pelabuhan Provinsi Riau: Pelabuhan Selat Panjang 860 orang dan Pelabuhan Bengkalis 691 orang. 

Selanjutnya Pelabuhan Mengkapan Siak dengan rincian: Sumbar 3 orang, Bengkulu 8 orang.

Kemudian WNI asal Riau meliputi Pekanbaru 12 orang, Kampar 36 orang, Pelalawan 2 orang, Siak  25 orang, Inhu 1 orang dan Bengkalis 2 orang. 

Lalu Pelabuhan Dumai dengan rincian: Aceh 3 orang, Sumut 252 orang, Sumbar 34 orang, Jambi 34 orang, Sumsel 1 orang. Sedangkan WNI asal Riau meliputi Pekanbaru 4 orang, Kampar 45 orang, Rohul 3 orang, Rohil 27 orang, Dumai 51 orang, Rupat 108 orang dan Duri 4 orang.*