News

Wako Apresiasi RT/RW yang Mandiri Beri Bantuan Warga Terdampak Covid-19

PEKANBARU - Wabah Covid-19 berdampak secara langsung pada perekonomian masyarakat. Akibatnya tidak sedikit warga masyarakat yang berharap uluran bantuan dan pemerintah sebagai konsekuensi dari protokol kesehatan yang harus dijalankan,termasuk di Kota Pekanbaru. 

Namun hal tersebut tidak berlaku di RT 02 RW 06 Kelurahan Tuah Madani Kecamatan Tampan. Tanpa menunggu bantuan dari Pemko Pekanbaru secara mandiri memberi bantuan sembako kepada 77 KK mereka yang terdampak. Lain pula dengan RW 14 Kelurahan Tangkerang Utara Kecamatan Bukit Raya yang secara bersama mengumpulkan donasi dari warganya sebanyak Rp25 juta untuk dijadikan bantuan sembako bagi warga yang kurang mampu. 

"Jika semua pemerintah, Pemko Pekanbaru tidak akan sanggup dalam waktu singkat ini. Karena yang harus disiapkan itu banyak. Tapi mereka (RT/Rw secara mandiri, Red) bisa dan saya apresiasi sangat tinggi. Bagimana kita menumbuhkan empati dan simpati dari warga yang mampu untuk warga yang kurang mampu disekitarnya," ujar Walikota Pekanbaru, DR H Firdaus ST MT, Sabtu (25/5/2020).

Untuk itu, tambah Wako, dia berharap masyarakat dapat saling membantu dan saling support dalam menghadapi wabah Covid-19 ini. Dengan cara yang mampu memberikan batuan yang kurang mampu. Sementara RT dan RW bergerak serta berinisiatif untuk memprakarsai hal tersbut terwujud. 

"Saya harap akan banyak RT dan RW lainnya yang memiliki kemauan yang sama. Bukan apa yang bisa diberikan, tapi apa yang anda berikan untuk menghadapi persoalan yang terjadi saat ini. Yang lain bisa, kenapa kita kok tidak bisa. Ingat, wabah ini hanya bisa kita lawan bersama-sama," pesannya.*