Diduga Tahan SK CPNS dan Minta Uang, Pegawai BKD Garut Terjaring OTT

Rabu, 09 Mei 2018 - 12:35:00 WIB

Ilustrasi Pungli.(sumber;internet)

GARUT - Tiga oknum Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkab Garut di 'garuk' Tim gabungan. Ketiganya dijemput di kantor mereka langsung dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT), Selasa (8/5/2018) siang pukul 11.50 WIB. 

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar Kombes Samudi juga membenarkan adanya OTT tersebut. Disebutnya, OTT dilakukan oleh tim gabungan Ditreskrimsus dan Satgas Saber Pungli Jabar, namun belum bisa dijelaskan terkait kasus apa. 

"Sekarang masih didalami dan dikembangkan dulu," kata Samudi.

Sekretaris BKD Garut Mukhlis membenarkan tiga pegawai BKD dijemput polisi. "Iya polisi menjemput pak R, pegawai di sini," kata Mukhlis di Garut, Jawa Barat

Menurut Mukhlis, selain R ada dua pegawai BKD lainnya yang berurusan dengan polisi. "Ibu W sama pak B tadi menyusul. Disuruh ke (polsek) Tarogong Kaler. Soal kasus apa belum tahu, belum jelas," ujarnya.

Informasi dikumpulkan, OTT tersebut berkaitan dugaan pungli kepada sejumlah CPNS yang telah diangkat menjadi bidan di lingkungan Dinas Kesehatan (Dinkes) Garut. Modus dilakoni yakni memungut uang kepada CPNS yang agar menerima surat keputusan (SK) pengangkatan. Jika tak membayar, SK pengangkatan ditahan.*