Wisata Lawang Sewu Kini Gunakan Tiket Elektronik

Rabu, 09 Mei 2018 - 19:39:00 WIB

Seorang pengunjung mengabadikan diri di salah satu sudut dari lawang sewu Semarang. (sumber;internet)

SEMARANG - Pengunjung objek wisata Lawang Sewu di Semarang Jawa Tengah kini dipermudah. Jika sebelumnya harus mengantri mengunjungi gedung dengan keunikan 1000 pintu ini, tidak perlu lagi dengan adanya tiket elektronik. Pengunjung yang hendak masuk area wisata cukup menempelkan barcode di tiket ke sensor gate.

"Para pengunjung yang telah membeli tiket masuk, ketika melalui gate masuk, cukup dengan menempelkan barcode yang terdapat di tiket ke sensor gate. Maka secara otomatis, scanner yang ada di gate akan memberikan informasi valid atau tidaknya tiket pengunjung tersebut," kata Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto, Rabu (9/5/2018).

Barcode yang terdapat di tiket, akan menunjukkan tanggal berlaku tiket. Sehingga, apabila tiket ini sudah kedaluwarsa, maka scanner di gate akan memberikan informasi bahwa tiket sudah tidak berlaku.

"Penerapan sistem ini merupakan bagian dari implementasi dari penerapan web ticketing Museum Lawang Sewu. Hal ini merupakan inovasi terbaru dari pihak IT PT KAI Daop 4 Semarang, di mana sebelumnya sistem tiket di Lawang Sewu menggunakan sistem manual," jelasnya.

Tercatat kunjungan wisatawan Lawang Sewu pada 2017 mencapai 992.347 pengunjung, sedangkan untuk periode Januari hingga April 2018 mencapai 302.932 wisatawan. Adapun tarif tiket masuk Lawang Sewu di antaranya tiket pengunjung dewasa Rp10 ribu dan tiket pengunjung pelajar atau anak-anak Rp5 ribu.

"Mulai hari ini, Rabu 9 Mei 2018, PT KAI Daop 4 Semarang memberlakukan sistem tiket elektrik bagi para pengunjung ke Lawang Sewu. Diharapkan dengan penerapan sistem tiket elektrik tersebut, dapat lebih menertibkan layanan tiket pengunjung di Lawang Sewu," pungkasnya.*