8 Makanan Ini Mampu Cegah Kecanduan Rokok

Senin, 04 Juni 2018 - 09:22:00 WIB

Ilustrasi tolak rokok. (sumber;internet)

JAKARTA - Menurut WHO, rokok membunuh lebih dari 7 juta orang setiap tahun. Kanker paru-paru yang paling mematikan merupakan penyakit yang umum diderita oleh perokok.

Di India, sekitar 6,9 dari 9,3 persen dari semua kematian terkait kanker paru-paru pada laki-laki dan perempuan. Merokok meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, stroke, dan penyakit pembuluh darah perifer.

Untuk mencegah Anda dari kecanduan merokok, Anda dapat memasukkan beberapa makanan berikut ini ke dalam menu harian Anda. Apa saja itu:

Susu
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Duke University, perokok yang minum segelas susu sebelum menghisap sebatang rokok menemukan citarasa rokok berubah jadi mengerikan. Jika Anda tidak percaya, minumlah segelas susu sebelum Anda merokok.

Licorice
Sedikit rasa manis pada licorice membantu menghentikan keinginan Anda untuk merokok. Kunyah sebatang kecil akar licorice saat Anda memiliki keinginan untuk merokok. Atau minum secangkir teh akar licorice 2 atau 3 kali sehari.

Ginseng
Konsumsi satu sendok teh bubuk ginseng dengan segelas susu sereal mampu mengurangi keinginan Anda untuk merokok. Ginseng juga dapat membantu menyingkirkan tekanan mental akibat berhenti dari merokok.

Jahe kering dengan lemon
Jahe mengandung sifat anti bakteri, anti inflamasi dan senyawa belerang yang dapat membantu mengekang kecanduan Anda dari merokok. Rendam potongan kecil jahe dengan perasan lemon dan campurkan dengan lada hitam. Setiap kali ada keinginan untuk merokok, hisap jahe tersebut.

Teh hijau atau teh hitam
Sebuah penelitian mengungkapkan perokok yang secara teratur minum teh hijau atau teh hitam lebih sedikit mengembangkan kanker paru-paru dibanding perokok yang tidak mengonsumsinya.

Makanan kaya vitamin C
Perokok aktif banyak yang menderita kekurangan vitamin C karena tubuh membutuhkan lebih banyak nutrisi ini untuk menangkal radikal bebas. Menurut Natioanl Institutes of Health, seorang perokok harus mengonsumsi setidaknya 35 miligram vitamin C per hari. Karena kekurangan vitamin C bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, gangguan mata, dan kanker.

Makanan kaya vitamin E
Sebuah penelitian mencatat bahwa perokok yang meningkatkan jumlah asupan vitamin E mereka dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah mereka. Makanan kaya vitamin E, di antaranya bibit gandum, almond, biji bunga matahari, telur, dan sayuran hijau, dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Sumber vitamin E terbaik terdapat pada bibit gandum dan minyak gandum.

Sayuran cruciferous
Penelitian menunjukkan, perokok yang mengonsumsi lebih banyak sayuran cruciferous cenderung tidak menderita kanker paru-paru karena sayuran ini merupakan sumber alami dari isothiocyanate. Isothiocyanate merupakan senyawa yang mampu mencegah perkembangan, pertumbuhan, dan penyebaran sel kanker. Beberapa sayuran cruciferous di antaranya kembang kol, kubis, kale, brokoli, lobak, pok choy, dan lain-lain.*