Selamat, Bayi Perempuan ini Lahir dengan Sehat Diatas Kapal Merak-Bakauheni

Rabu, 13 Juni 2018 - 07:10:00 WIB

Bayi ini lahir diatas kapal Kirana II. (sumber;internet)

CILEGON - Seorang penumpang kapal bernama Miswirati melahirkan bayi di atas KMP Kirana II rute Pelabuhan Merak-Bakauheni saat mudik. Proses kelahiran dibantu petugas medis kapal tersebut.

Peristiwa tersebut terjadi Selasa (12/6) sekitar pukul 15.20 WIB. Saat itu petugas KMP Kirana II mendapat informasi bahwa ada penumpang yang sakit. Setelah dihampiri petugas, penumpang kemudian dibawa ke ruang medis untuk mendapatkan perawatan.

Setelah mendapatkan perawatan, petugas baru mengetahui bahwa ibu hamil itu sudah dalam keadaan bukaan sempurna. Petugas kemudian langsung membimbing ibu hamil untuk proses persalinan.

Tepat pukul 15.45 WIB, bayi tersebut lahir secara normal dengan berat badan 2,8 kg dan panjang 48 cm. Manajer Cabang Merak-Bakauheni PT Dharma Lautan Utama, Sunaryo, membenarkan adanya proses kelahiran seorang bayi di kapal, yang merupakan satu grup dengan perusahaan tersebut.

"Iya betul, di Kirana II. Tadi itu pada saat kapal sudah mulai keluar alur dari Dermaga I Merak ketepatan kalau dari kapal kita itu kan ada namanya prosedur ronda keliling. Nah, yang melakukan ronda keliling itu kan ABK kapal," jelas Sunaryo, Selasa (12/6/2018).

Oleh orang tuanya, bayi itu diberi nama Dahlian Kirana Putri. "Sama nahkoda diberikan nama ini permintaan dari keluarga diberi nama Dahlia Kirana Putri," ujar Sunaryo.

Penumpang tujuan Lampung itu diantarkan oleh petugas ke kampung halamannya di Lampung. Diketahui, pemudik itu berasal dari Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang.*