Maaf! Situs KPU Masih Belum Bisa Diakses

Ahad, 01 Juli 2018 - 09:46:00 WIB

sumber;internet

JAKARTA - Situs resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) https://infopemilu.kpu.go.id belum bisa diakses sejak Jumat hingga hari ini.

Saat mencoba mengakses pada pukul 09.28, Minggu (1/7/2018) laman KPU tertulis, “Untuk meningkatkan kualitas pelayanan hasil pemilihan, untuk sementara layanan ini tidak kami aktifkan.”

Ketua KPU Arief Budiman saat dalam diskusi Polemik MNC Trijaya FM dengan tema 'Pilkada, Kotak Kosong dan Pilpres' di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (30/6/2018), menyampaikan, bahwa layanan sengaja tidak diaktifkan untuk menangkal serangan hacker.

"Jadi, kalau mengakses web kita kadang bisa dan enggak bisa dibuka. Itu sebetulnya cara kami untuk menangkal serangan yang datangnya bukan hanya tiap jam, tapi tiap menit menyerang kita," kata Arief.

Menurut Arief, masyarakat yang mengunjungi situs tersebut akan mengalami ketidaknyamanan karena laman akan terbuka dan tertutup dengan sendirinya. Pada saat itulah proses pembersihan dari upaya hack sedang dilakukan.

"Jadi kita buka, tutup bersihkan lagi, buka lagi. Begitu. Karena kalau kita buka terus akan merepotkan banyak pihak juga," terang dia.

Atas ketidaknyamanan itu, Arief memohon maaf kepada masyarakat, karena langkah buka-tutupnya web yang dilakukan sebagai strategi dari tim IT KPU.

"Jadi mohon maaf kalau masih sering buka-tutup. Bukan karena kami tidak transparan, tapi ini strategi yang juga disampaikan para ahli IT kami untuk menangkal serangan yang terus datang tiap menit," ujarnya tanpa menjelaskan kapan laman KPU akan bisa diakses secara normal.*