Menpora: Aset yang 'Dibawa' Roy Suryo Senilai Rp9 Miliar

Jumat, 07 September 2018 - 12:00:00 WIB

sumber;internet

JAKARTA - Menteri Permuda dan Olahraga Imam Nahrawi menegaskan, pihaknya akan terus mengejar aset-aset kementerian yang hingga kini masih ada di mantan menteri sebelumnya, Roy Suryo.

Karena jumlah yang belum dikembalikan itu, kata dia adalah hasil dari pemeriksaan Laporan Hasil Observasi (LHO) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Menurut Imam, pemeriksaan itu sangat detail, sehingga diperoleh beberapa inventaris milik negara yang masih di tangan Roy Suryo.

Dia meminta Roy Suryo untuk kooperatif. Tidak membuat polemik yang berkepanjangan di tengah-tengah masyarakat.

"Saya kira Pak Suryo tahu lah. Dan segeralah ditindaklanjuti dengan baik tanpa banyak polemik. Karena kita ingin menjaga euforia Asian Games ini sebaik mungkin. Semangat kegembiraan masyarakat ini terjaga gitu loh," kata Imam di Istana Bogor, Jumat (7/9/2018).

LHO itu, lanjut Imam adalah hasil BPK tahun 2016. Imam mengaku tidak mengetahui detail barang apa saja. Hanya yang ia ingat, di antaranya adalah kamera.

Untuk total nilai yang belum dikembalikan, jumlahnya cukup besar. Meski tidak sampai ratusan miliar. "Setahu saya Rp8-9 miliar," katanya.

Setiap tahun, pihaknya akan disiplin dalam menjaga barang milik negara (BMN). Termasuk yang digunakan oleh INASGOC. Juga yang masih ada di Roy Suryo.

"Ini saya berharap betul supaya diselesaikan agar tidak ada yang mengganjal pemeriksaan kita di masa yang datang," katanya.

Meski pihak Roy Suryo mengelak, Imam menegaskan Kemenpora akan terus mengejar barang milik negara yang ada di politisi Partai Demokrat itu, sampai semua dikembalikan. "Ya dikembalikan, sampai kapan pun," kata politisi PKB itu.

Bahwa Roy Suryo mengajukan somasi, pihaknya mempersilahkan. Kemenpora akan patuh pada hukum, dan siap untuk menghadapi somasi tersebut.

"Iya lah (siap menghadapi somasi). Namanya melanjutkan hasil BPK," katanya menegaskan.*