Ini Waktu Terbaik 'Nyeruput' Kopi Agar Tetap Sehat

Selasa, 23 Oktober 2018 - 09:00:00 WIB

ilustrasi (sumber;internet)

JAKARTA - Tak sedikit orang yang beranggapan waktu minum kopi terbaik adalah sesaat setelah bangun tidur. Banyak yang beranggapan kopi baik dikonsumsi setelah bangun untuk menghilangkan kantuk atau menambah semangat sebelum memulai aktifitas kerja.

Tak sedikit dari mereka yang menjadikan kebiasaan ini sebagai rutinitas dan merasa kurang lengkap, bahkan merasa produktivitasnya dapat terganggu jika tak memperoleh secangkir kopi di pagi hari.

Lantas tepatkah hal itu? Jika tidak, adakah waktu terbaik untuk menikmati segelas kopi?

Dua mantan desainer teknologi Google, Jake Knapp dan John Zeratsky melakukan riset terkait hal ini. Keduanya menyebut waktu terbaik untuk menikmati secangkir kopi yakni pada pukul 09.30 pagi.

Knapp dan Zeratsky juga menyarankan kita untuk meminum kopi dengan tujuan yang jelas bukan sebab kebiasaan.

''Kopi memiliki kandungan kafein yang sangat kuat dan dapat memengaruhi energi tubuh secara langsung. Alangkah baik, meminum kopi dengan tujuan yang jelas ketimbang menjadikannya sebagai rutinitas nir sebab,'' ujar keduanya dikutip Guideku.com dari The Daily Meal.

Selain pukul 09.30 pagi, keduanya juga menyarankan untuk meminum kopi sebelum jam makan siang tiba. Sebab saat-saat tersebut merupakan waktu ketika level energi mulai menurun.

Penelitian keduanya juga menyebutkan minum teh hijau dan espresso di siang hari dapat menurunkan kadar kafein lho.*