Kenapa Hari Ahad Libur, Ini Alasannya

Senin, 05 November 2018 - 07:35:00 WIB

Ilustrasi. (sumber;internet)

PEKANBARU -  Siapa sih yang tidak sabar dengan datangnya hari Ahad? Pasti semua orang menginginkan hari Ahad datang lebih cepat karena di hari tersebut rata-rata orang bisa menikmati liburan, bebas dari pekerjaan.

Namun pernahkah Anda bertanya-tanya kenapa hari libur jatuh pada hari Ahad, kenapa tidak hari Jumat seperti di Arab atau hari lainnya? Mungkin banyak di antara kalian belum mengetahui asal muasal kenapa hari Ahad dinobatkan sebagai hari libur.

Tradisi libur di hari Ahad sebenarnya berasal dari zaman Romawi Kuno. Ketika itu, orang-orang Romawi menetapkan hari  Ahad sebagai hari hanya untuk beribadah, bukan untuk bekerja atau aktivitas apapun.

Mereka juga menandai hari Ahad dengan warna merah sebagai tanda hari libur. Seiirng berjalannya waktu, mereka juga menandai hari penting lainnya dengan warna merah.

Kebetulan, ketika itu Romawi Kuno banyak menguasai negara-negara Eropa, seperti Jerman, Prancis, Inggris, Belanda, dan negara lainnya. Mereka kemudian menerapkan hari Ahad sebagai hari libur di negara-negara jajahannya.

Seperti yang kita tahu, Belanda juga pernah menjajah Indonesia selama 350 tahun. Dari situlah, Belanda juga menerapkan hari Ahad sebagai hari libur di Indonesia. Hingga sekarang, Indonesia juga termasuk negara dengan hari libur yang jatuh pada hari Ahad.*