Operasi Zebra 2018, 1.757 Kendaraan Ditilang di Pekanbaru

Rabu, 14 November 2018 - 10:45:00 WIB

ilustrasi (sumber;internet)

PEKANBARU - Operasi Zebra Muara Takus 2018 telah berakhir, Senin (12/11/2018) kemarin. Operasi penegakan hukum terhadap pelanggar lalu lintas yang dilaksanakan oleh Polresta Pekanbaru ini sebelumnya berjalan selama 14 hari.

Selama 14 hari pelaksanaan Operasi Zebra Muara Takus 2018 Polresta Pekanbaru telah mengeluarkan sebanyak 1.757 lembar bukti pelanggaran (tilang) dan 780 teguran.  

Dari jumlah tersebut pelanggaran terbanyak didominasi oleh sepeda motor yakni sebanyak 1.280 pelanggaran dengan jenis pelanggaran terbanyak yaitu tidak menggunakan helm SNI, dan melawan arus lalu lintas. Sedangkan untuk mobil dan kendaraan khusus ditemukan sebanyak 477 pelanggaran lalu lintas, dengan jenis pelanggaran terbanyak yakni tidak menggunakan sabuk pengaman.

Untuk usia pelaku pelanggaran lalu lintas didominasi usia antara 21-25 tahun yang berjumlah 513 orang. Untuk lokasi yang paling sering ditemukan pelanggaran lalu lintas yakni kawasan perbelanjaan yang berjumlah 789 pelangaran lalu lintas.

Selama pelaksanaan Operasi Zebra Muara Takus 2018, Polresta Pekanbaru khususnya Satuan Lalu Lintas melakukan berbagai upaya dalam menyampaikan pesan pesan keselamatan berlalu lintas. Mulai dari pemasangan spanduk imbauan, sosialisasi di media, membagikan brosur dan stiker pelopor keselamatan berlalu lintas, pelatihan safety riding hingga pemberian hadiah kepada pengendara yang tertib berlalu lintas.

Jika dibandingkan dengan pelaksanaan Operasi Zebra pada tahun 2017 angka pelanggaran lalu lintas pada tahun 2018 mengalami penurunan sebanyak 32 persen dari angka 2.605 menurun menjadi 1.757 pelanggaran. Hal itu berarti masyarakat sudah mulai memahami pentingnya tertib berlalu lintas untuk keselamatan berkendara.

Sedangkan jumlah kecelakaan lalu lintas selama operasi zebra masih tetap di angka yang sama yakni 2 kasus kecelakaan namun untuk korban kecelakaan jika pada tahun 2017 terdapat 1 korban meninggal dunia, pada tahun 2018 tidak ada korban yang meninggal dunia.

Kasat Lantas Polresta Pekanbaru Kompol Rinaldo Aser, berharap dengan berakhirnya Operasi Zebra Muara Takus 2018 ini diharapkan masyarakat dapat lebih sadar akan keselamatan berlalu lintas. Ia juga menegaskan dengan berakhirnya Operasi Zebra pihaknya akan terus melakukan penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas.

"Operasi Zebra juga merupakan sebagai langkah awal dalam pelaksanaan Operasi Lilin yang sebentar lagi akan digelar," terang Rinaldo.*