Waspada! Banyak Penipuan di WhatsApp

Senin, 21 Januari 2019 - 09:39:00 WIB

ilustrasi (sumber;internet)

JAKARTA - WhatsApp merupakan layanan pesan yang sangat populer. Hal itu membuat ada saja informasi tak jelas, hoax, bahkan penipuan yang bersirkulasi di dalamnya. Misalnya seperti kisah ini, yang memberi iming-iming tiket pesawat gratis.

Penipuan di WhatsApp dalam kisah ini dituturkan oleh media Inggris The Sun, terkait beredarnya chat WhatsApp berisikan informasi "tiket gratis pesawat Singapore Airlines".

Dalam chat itu disebutkan bahwa Singapore Airlines mau bagi-bagi tiket pesawat gratis dalam rangka hari ulang tahunnya. Para pengguna WhatsApp yang menerima pesan tersebut lantas diminta mengakses situs tertentu yang tautannya juga disertakan.

Untuk pengguna yang jeli tentu bisa mengecek lebih dulu mengenai keabsahan url link itu. Tapi boleh jadi ada pengguna yang kadung senang dan langsung buru-buru klik tautan saat menerima chat tersebut tanpa menyadari sudah jadi korban penipuan di WhatsApp.

Pihak Singapore Airlines sendiri sadar dengan adanya modus penipuan di WhatsApp yang mengatasnamakan pihaknya. Maskapai penerbangan itu langsung memberi klarifikasi dan minta akses situs dalam chat WhatsApp tipu-tipu itu dimatikan.

"Kami telah menyadari adanya sebuah situs web yang mengatasnamakan pihak Singapore Airlines, menawarkan tiket pesawat gratis sebagai hadiah, dengan syarat memeberikan data pribadi," ujar Singapore Airlines.

"Kami sudah melaporkan situs itu untuk diturunkan dan menyarankan agar para konsumen bisa lebih berhati-hati dalam memberikan data pribadi ke sumber yang tak terverifikasi."

"Konsumen semestinya tetap berhati-hati mengenai adanya posting medsos dan situs-situs web pencuri data, yang mirip dengan situs resmi kami," beber maskapai tersebut.

Kasus ini sekali lagi menekankan pentingnya pengguna WhatsApp bersikap kritis dan hati-hati ketika menerima informasi atau chat yang meraguan atau belum terkonfirmasi kebenarannya. Pun demikian halnya secara umum dalam beraktivitas di medsos atau jagat maya.*