Kabar Gembira! Pemko Punya Rencana 'Gaji' Imam Masjid se Pekanbaru

Senin, 28 Januari 2019 - 07:28:00 WIB

sumber;internet

PEKANBARU - Walikota Pekanbaru, DR H Firdaus ST MT memiliki wacana yang cukup mengembirakan. Untuk perwujudan Pekanbaru Madani, orang nomor satu di Kota Bertuah ini akan memberikan 'gaji' berupa insentif untuk seluruh imam masjid di Kota Pekanbaru. 

Meski masih dalam wacana dan perlu kajian, pemberian gaji tersebut dipastikan akan dilakukan Pemko Pekanbaru dalam waktu dekat ini.  

"Besaran insentif yang akan diberikan tentu harus sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. Kita juga sedang mendata dan mensingkronisasikan data imam masjid di Pekanbaru dari berbagai sumber. Tapi ini jadi prioritas," jelas Firdaus, Ahad (27/1/2019).

Tentang besaran insentif tersebut, Firdaus menyatakan bisa saja sama dengan insentif RT/RW atau bisa saja diatas. Selain itu, pemberian insentif ini juga bisa saja selama 12 bulan, namun bisa saja kurang tergantung kekuatan anggaran yang dimiliki Pemko Pekanbaru. 

Sementara itu, terkait dengan jumlah imam yang akan menerima, Pemko Pekanbaru masih berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Pekanbaru, Majelis Dakwah Indonesia (MDI) Pekanbaru serta Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru.

"Data-datanya tentu ada pada instansi-instansi tersebut, kalau dari data ada sekitar 500 imam yang akan mendapatkan insentif. Tapi tentu akan dicek ke lapangan lagi, karena yang akan mendapatkan insentif ini adalah para imam masjid yang tinggal di pemukiman yang ekonomi masyarakatnya menengah ke bawah," jelasnya.*