Bolehkah Wajah Dibersihkan Menggunakan Sabun Mandi?

Selasa, 29 Januari 2019 - 17:36:00 WIB

ilustrasi (sumber;internet)

JAKARTA - Membersihkan wajah merupakan salah satu upaya membersihkan diri dan menghilangkan kotoran yang biasa kita lakukan sehari-hari. Namun sebenarnya sudah tepatkah kita membersihkan wajah ketika beraktivitas sehari-hari?

Dr. Herwinda Brahmanti, MSc, SpKK, FINSDV dari Dept. Ilmu Dermatologi dan Venereologi Fakultas Kedokteran Univ. Brawijaya Malang menyebut bahwa sebenarnya ada beberapa tujuan dari membersihkan wajah ini. Tujuan pertama ini adalah untuk membersihkan kotoran.

Tujuan kedua dari membersihkan wajah ini adalah untuk menghilangkan minyak di permukaan kulit. Tujuan ketiga dari membersihkan wajah ini adalah untuk mengembalikan kelembapan kulit.

Dalam melaksanakan tiga hal tersebut, Winda, panggilan akrab dr. Herwinda menyebut salah satu hal paling penting adalah memilih pembersih yang sesuai dengan jenis kulit dan menggunakan pembersih dengan tepat.

"Jenis pembersih ada bermacam-macam mulai cleansing milk sampai sabun. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan," jelas Winda.

Membersihkan Wajah Menggunakan Air Saja
Walau menyebut bahwa sebaiknya menggunakan pembersih yang tepat, Winda menyebut bahwa menggunakan air saja juga tak masalah. Namun penting untuk melihat kondisi wajah kamu selama seharian tadi sebelumnya.

"Kalau air aja sih boleh. Tapi kalau pakai make up tebal atau habis kerja di tempat yang ekstrem kotornya, misal bangunan atau tambang ya kemungkinan nggak bisa bersih maksimal," jelasnya.

Bolehkah Menggunakan Sabun Mandi di Wajah?
Selain hanya menggunakan air, salah satu kebiasaan banyak orang di Indonesia adalah menggunakan sabun mandi untuk wajah mereka. Hal ini tentu saja tidak ideal dan sebaiknya tidak dilakukan untuk wajah karena sejumlah masalah alergi dan iritasi yang mungkin bisa ditimbulkan.

"Kalau sabun mandi umumnya untuk kulit badan bukan wajah, karena kulit badan dan wajah kan beda tekstur dan ketebalannya," ujarnya.

"Bersih sih bisa, tapi bahaya iritasi dan alergi lebih besar karena kandungan bahan pembersih di sabun mandi pasti lebih besar dibanding sabun atau pembersih wajah," tandas Winda.*