Kehadiran Xpander Membuat Mitsubishi Catat Penjualan Terbesar Di Indonesia

Senin, 04 Februari 2019 - 13:35:00 WIB

JAKARTA  Sejak kehadirannya pertama kali di pertengahan Tahun 2018 lalu, Mitsubishi Xpander memang banyak menyita perhatian para pecinta otomotif di Indonesia. Hal ini dibuktikan hingga akhir tahun 2018 lalu, pemesanan Xpander di Indonesia sudah mencapai 100 ribu unit.

Laris manisnya Xpander ini berdampak pada penjualan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan kendaraan niaga ringan dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC), yang berhasil mencapai penjualan secara retail sebesar 146.805 unit pada periode Januari – Desember 2018 atau naik lebih dari 84% dibandingkan capaian periode sebelumnya, sekaligus meningkatkan persentase pangsa pasar kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia menjadi 14,2%.

Angka penjualan tersebut sekaligus menjadi angka penjualan terbesar untuk model kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi, selama 48 tahun kehadiran kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia. Capaian tersebut dikontribusikan oleh lini kendaraan penumpang Mitsubishi 98.964 unit dan lini kendaraan niaga ringan 47.841 unit.

Kontribusi signifikan diberikan oleh segmen kendaraan penumpang Mitsubishi yang naik lebih dari 174% dari periode sebelumnya, yang didominasi penjualan model XPANDER yang sangat baik dengan kontribusi lebih dari 70% terhadap total penjualan.

“Begitu banyak prestasi yang telah menorehkan sejarah bagi perkembangan Mitsubishi Motors di Indonesia, yang telah memiliki ‘heritage’ di kendaraan niaga yang sangat kuat, namun tetap sebagai ‘challenger’ atau penantang di pasar kendaraan penumpang. Dan sebagai ‘challenger’, di tahun 2018 ini kami telah berhasil mencatatkan banyak prestasi dalam kiprah Mitsubishi Motors di Indonesia, mulai dari menjadi distributor Mitsubishi Motors dengan penjualan terbesar di dunia, hingga capaian angka penjualan kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi terbesar selama berbisnis di Indonesia selama 48 tahun,” tukas ujar Irwan Kuncoro, Direktur Penjualan dan Pemasaran PT MMKSI.

Sementara itu, jaringan diler kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia saat ini berjumlah 125 outlet yang tersebar diseluruh Indonesia. Jaringan diler tersebut siap memberikan layanan 3S yang meliputi: (sales) penjualan, (after-sales) purna jual dan atau (spare parts) ketersediaan suku cadang yang dibutuhkan oleh konsumen Mitsubishi. Layanan purna jual Mitsubishi juga didukung oleh Mitsubishi Bodi & Cat, fasilitas yang siap memberikan layanan perbaikan dan pengecatan di 10 titik di Indonesia.

Seiring dengan meningkatnya volume penjualan Mitsubishi di segmen kendaraan penumpang dan niaga ringan, PT MMKSI menargetkan total 143 outlet diler kendaraan penumpang Mitsubishi dapat diresmikan pada akhir Maret 2019 untuk memudahkan konsumen di seluruh Indonesia mendapatkan layanan terbaik dengan standar Mitsubishi.*