85 Persen Orang 'Refleks' Cium Potongan Kukunya, Ini Alasanya

Selasa, 12 Maret 2019 - 11:43:00 WIB

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Mengikuti kompetisi penelitian ilmiah pertama di Indonesia yang mensyaratkan pesertanya untuk mengangkat tema-tema penelitian yang unik, lucu, dan menyegarkan, yaitu Indonesia Fun Science Award, dua siswa SMAN 1 Klaten meneliti 'Antara Candu dan Rindu Aroma Kotoran pada Tepian Kuku Ibu Jari Kaki'.

Fauziah Listiana Putri (16) dan Friesta Mayestika (16) mendapat ide dari kebiasaan mereka yang refleks mencium aroma kotoran di tepian kuku ibu jari kaki saat memotong kuku. Mereka pun penasaran apakah orang lain melakukan hal yang sama dengannya.

Mereka menyebarkan kuisioner kepada 125 siswa dari kelas X, XI, dan XII mengenai kebiasaan mencium aroma kotoran di tepian kuku ibu jari kakinya.

"85 persen itu pernah mencium, kita persentasennya terkadang, sering atau setiap memotong kuku. Jadi 15 persennya tidak pernah menciumi," kata Fauziah di Tangerang beberapa waktu lalu.

Fauziah dan Friesta pun mengaku tidak merasa jijik saat mencium kotoran tersebut. Mereka pun penasaran apa yang menjadikan alasan orang-orang yang serupa dengan mereka melakukannya.

"Baunya apa sih? Khas aja, nagih gitu, kalau motongin kuku refleks nyiumin," ungkap Friesta.

"Kan ada di gunting kuku buat bersihin tuh, itu langsung kayak refelek dicium gitu. Mereka bilangnya begitu, nggak tahu kenapa, padahal mereka tau baunya nggak enak tapi tetap dicium," tambah Fauziah.

Aroma yang nagih itu membuat orang-orang mencium kotoran di tepian kuku ibu jari kaki tidak hanya sekali. Fauziah menambahkan, 85 persen orang yang pernah melakukan hal itu menciumnya dari potongan kuku, pembersih tepian kuku, atau dari kotorannya itu sendiri.

Nah, kalau kamu suka mencium aroma kotoran di tepian kuku ibu jari kaki juga nggak? Ceritakan pengalaman kamu di komentar ya.*