Akhir Tahun Roro Dumai-Malaka Dioperasikan

Selasa, 09 April 2019 - 06:19:00 WIB

Ilustrasi. (sumber;internet)

PEKANBARU - Layanan transportasi laut yang menghubungkan Dumai-Malaka, Malaysia ditargetkan sudah mulai dioperasikan akhir tahun ini. Kedua negara bahkan sudah duduk satu meja membahas terobosan baru ini.

Pertemuan Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan Pemprov Riau yang mewakili pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Malaysia pada pekan lalu menyepakati kerjasama transportasi melalui jalur laut dengan mengoperasikan kapal Roll On-Roll Off (RoRo) dengan Rute Dumai-Malaka.

"Kalau tidak akhir 2019, awal 2020 RoRo sudah jalan," Gubernur Riau, Drs Syamsuar, Kemarin.

Kedua pemerintah di negara ini mengharapkan adanya kemudahan bagi masyarakat untuk saling menjangkau satu sama lain. Dengan dioperasikannya kapal Roro tersebut, maka masyarakat di Provinsi Riau akan lebih mudah untuk melintas ke Malaysia, demikian pula sebaliknya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau, Taufik OH,  mengungkapkan, pihaknya akan segera membentuk tim kecil untuk membahas persoalan teknis terkait kesiapan jelang dioperasikan Roro Dumai-Malaka.

Tim kecil melibatkan kementrian perhubungan, Pemprov Riau, Pemko Dumai dan pihak kepolisian serta Pelindo.

"Yang paling penting kita diminta untuk membahas masalah teknis dengan membentuk tim kecil. Kita terdiri dari kementerian dan kita dari daerah," ujarnya.*