Waspada! Ada Buaya di Sungai Siak, Satu Sudah Ditangkap

Kamis, 11 April 2019 - 10:49:00 WIB

Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Pekanbaru berhasil mengevakuasi satu ekor buaya muara di Sungai Siak, tepatnya di sekitar bawah jembatan Siak II.

PEKANBARU - Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Pekanbaru berhasil mengevakuasi satu ekor buaya muara di Sungai Siak, tepatnya di sekitar bawah jembatan Siak II. Keberadaan buaya sepanjang 1 meter tersebut dilaporkan oleh masyarakat.

“Kita melakukan evakuasi kemarin sore sekitar pukul 16.00 WIB. Proses evakuasi berjalan lancar dan buaya berhasil diamankan,” ujar Kasi Penyelamatan dan Evakuasi Dinas Damkar Pekanbaru, Ibas Sembiring, Kamis (11/4/2019).

Buaya tersebut diserahkan oleh Damkar Pekanbaru ke Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Riau untuk dilakukan tindakan lebih lanjut. Saat ini buaya berada di bawah pengawasan BBKSDA.

Ibas mengatakan bahwa masyarakat beberapa melaporkan melihat buaya di sungai Siak. Untuk itu Ibas meminta agar masyarakat tetap waspada saat beraktivitas di sekitar sungai Siak. Ia juga mengimbau agar masyarakat segera melapor jika melihat buaya di sekitar pemukimanya.

“Kita imbau agar masyarakat tetap waspada, terutama bagi yang hobi mancing atau beraktivitas di sekitar sungai," ujar Ibas.

Sebelumnya BBKSDA juga sudah memasang plang peringatan tentang keberadaan buaya yang sering terlihat oleh masyarakat di tepian sungai Siak. Seperti pada akhir tahun lalu, BBKSDA sudah memasang peringatan di sekitar Kecamatan Lima Puluh karena ada penampakan buaya yang terlihat oleh masyarakat.*