Berani Berulang di Venesia, Siapkan Ada Banyak Denda

Senin, 27 Mei 2019 - 09:53:00 WIB

Venesia. (sumber;internet)

VENESIA - Venesia, kota kanal di Italia terkenal sebagai destinasi favorit turis dunia. Tapi bagi turis yang nakal, jangan coba-coba main ke sana!

Venesia punya kanal-kanal yang indah dan sudah mendunia. Apalagi bagi pasangan turis yang berbulan madu, Venesia layak menjadi salah satu destinasi tujuan.

Akan tetapi di lain sisi, banyaknya turis ke Venesia pun membuat kota tersebut kewalahan. Khususnya menghadapi turis yang nakal.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (27/5/2019) sejak pertengahan tahun 2018 kemarin, Venesia punya gerakan #EnjoyRespectVenezia. Tujuannya adalah, supaya turis tetap menajaga etika saat liburan ke sana.

Venesia pun menyiapkan banyak denda bagi turis nakal, seperti mereka yang membuang sampah sembarangan, berenang di kanal hingga berkeliaran tanpa baju.

Denda paling kecil, mulai dari 25 Euro atau setara dengan Rp 400-an ribu. Sedangkan denda paling mahal, misalnya bagi yang merusak monumen dan sebagainya, mencapai 500 Euro atau sekitar Rp 8 juta.

Tak sampai di situ, bahkan pemerintah Kota Venesia berani mengusir dan mem-blacklist turis yang membuat masalah atau berulangkali melakukan kesalahan. Beberapa peraturan lain pun disiapkan, seperti minum alkohol di jalan dibatasi dari pukul 8 pagi sampai 8 malam.

Venesia sebenarnya sudah kelebihan turis alias overtourism. Oleh sebab itu, demi menjaga lingkungan yang kondusif termasuk tidak mengganggu warga setempat, aturan-aturan baru dan berbagai denda disiapkan supaya turis lebih menjaga diri dan tetap beretika baik selama di sana.*