Siaga Asap, Seluruh Puskesmas Siap Layani Pasien ISPA

Selasa, 06 Agustus 2019 - 06:35:00 WIB

sumber;internet

PEKANBARU - Pemko Pekanbaru mensiagakan seluruh Puskesmas yang ada di Pekanbaru untuk memberikan penanganan kepada warga yang terpapar ISPA akibat kabut asap.

“Kelima puskesmas rawat inap tersebut kami buka agar masyarakat segera mendapatkan penanganan jika terpapar penyakit yang disebabkan kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan ,” kata Plt Kepala Diskes Kota Pekanbaru, Muhammad Amin, Kemarin.

Amin menyebutkan, kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan dari kabupaten tetangga sudah menyebabkan ratusan masyarakat Pekanbaru terjangkit ISPA.

Akibat kabut asap, lanjutnya, menyebabkan beberapa penyakit, seperti ISPA, flu, asma, paru kronis, jantung dan mata. “Masyarakat yang rentan terjangkit penyakit tersebut diantaranya anak Balita, ibu hamil dan Lansia. Nah sekarang sudah mencapai ratusan orang yang terkena penyakit,” ujarnya.

Beberapa Puskesmas rawat inap yang disiagakan adalah Puskesmas Karya Wanita di Jalan Sekolah, Puskesmas Kota Baru, Puskesmas Sidomulyo, Puskesmas Simpang Tiga serta Puskesmas Muara Fajar. Selain itu, pihaknya juga telah membagikan masker melalui Puskesmas yang lainnya.*