Kisah Istri yang Mengeluh pada Rasulullah karena Suaminya Sering Dapat Tamu

Selasa, 06 Agustus 2019 - 12:38:00 WIB

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Terdapat kisah pada zaman Rasulullah SAW, tentang memuliakan seorang tamu. Pada masa itu, ada seorang istri yang mengeluh pada Rasulullah karena suaminya selalu membawa dan menerima tamu ke rumahnya.

Semakin banyaknya tamu yang datang, maka perempuan itu semakin banyak menjamu. Seperti menyiapkan makanan, minuman sehingga dia menjadi lelah.

Namun seorang istri itu keluar tanpa mendapat jawaban apapun dari Rasulullah. Selang beberapa waktu Rasulullah pun mengunjungi rumah perempuan itu.

Namun tak seperti tamu lainnya, ketika Rasulullah yang bertamu, suami dan khususnya istri tersebut sangat bahagia karena berharap mendapatkan berkah ketika menjamu seorang kekasih Allah.

Setelah sebentar mengunjungi mereka, lalu Rasulullah pun keluar rumah, kemudian bersabda;

"Ketika aku akan keluar nanti dari rumahmu, panggil istrimu dan perintahkan dia untuk melihat ke pintu tempat aku keluar."

Seperti petunjuk yang diarahkan Rasulullah, istri itu pun keluar rumah. Namun, betapa terkejutnya dia ketika melihat binatang-binatang menjijikan.

Bukan hanya diperlihatkan, namun perempuan itu juga diikuti oleh hewan-hewan ini. Seperti kalajengking, ulat dan lainnya.

Ustadz M. Najmi Fathoni pun berpendapat, jika akhlak orang yang bertamu itu paling utama. Sebab dengan bertamu akan memperkuat silaturahmi bersama saudara dan sahabat.

"Akhlak dengan niat silaturahmi dapat memperpanjang usia, memperluas rezeki," katanya.

Ustadz Najmi menambahkan, dengan menjamu tamu dengan berbagai makanan maka tuan rumah akan mendapatkan keberkahan yang melimpah. Salah satunya adalah tolak bala, dijauhkan dari segala musibah di kemudian hari.

"Kita tidak akan tahu kehidupan ke depan bukan? Dengan silaturahmi Insya Allah akan menjadi tolak bala," ujarnya

Selain yang dicontohkan dalam kisah di atas, Rasullah bersabda ketika sahabat bertanya tentang keberkahan menerima tamu"

"Tamu akan menyebabkan turunnya rezeki untuk pemilik rumah dan menghapus dosa-dosa penghuni rumah."

Lalu dosa atau kesulitan apa yang akan didapat ketika menolak seorang tamu?

Rasul SAW bersbada:

"Rumah yang tidak dimasuki tamu (tidak ada tamu), maka malaikat rahmat tidak akan masuk ke dalamnya."

Selain itu, menurut Ustadz Najmi, dengan memutus silaturahmi dengan cara tidak menjamu tamu bisa jadi mendapatkan sanksi sosial, berkurang sahabat-sahabatnya.

"Wallahulam dosa apa yang akan diterima. Tapi mungkin salah satunya adalah berkurangnya sahabat," katanya.*