10 Pengaruh Ajaib Kosumsi Buah Plum Bagi Kesehatan

Jumat, 16 Agustus 2019 - 16:23:00 WIB

sumber;internet

JAKARTA - Buah plum merupakan salah satu buah yang memang kurang familiar kita temui pada penjual buah di pinggir-pinggir jalan. Namun mencari buah ini juga tidak terlalu sulit karena bisa kita temui di pasar atau swalayan.

Buah plum atau prem ini memiliki biji yang keras dan sedikit mirip dengan buah anggur namun memiliki daging buah yang tebal. Secara rasa, buah ini memiliki rasa manis bercampur asam dan mengandung banyak air.

Terdapat dua warna umum yang biasa kita temui dari buah ini. Umumnya buah plum di Asia memiliki warna hijau kekuningan, sementara buah plum di Eropa yang berwarna keunguan.

Walau tak banyak dikonsumsi di Indonesia, namun plum memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang tak boleh dikesampingkan. Buah diketahui memiliki kandungan mineral dan potassium yang sangat kaya.

Selain itu, plum juga kaya dengan antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa merusak sel. Buah satu ini juga memiliki kalori yang rendah sehingga tidak meningkatkan tingkat gula darahmu.

Sejumlah manfaat kesehatan yang dimiliki oleh buah plum menjadikannya sebagai buah yang sangat cocok untuk dikonsumsi. Dilansir dari Plumwoodinn, berikut sejumlah manfaat kesehatan yang bisa kamu peroleh dari buah plum.

Meningkatkan Kesehatan Jantung
Kandungan antioksidan yang kaya dari buah plum membuatnya sangat tepat untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan ini melawan radikal bebas darn mencegah penyakit jantung dan strokes. Antioksidan ini juga mencegah oksidasi kolesterol dan membantu menjaga kesehatan jantung.

Mengobati Konstipasi
Plum mengandung isatin dan sorbitol yang bisa mengobati konstipasi dan meningkatkan pencernaan. Konsumsi buah ini baik dalam bentuk segar atau sudah dikeringkan bisa menjaga kesehatan perut.

Melindungi dari Kanker
Warna biru kemerahan dari kulit plum muncul karena pigmen di dalamnya yang juga berkhasiat untuk melawan radikal bebas. Buah ini juga melindungi kamu dari kanker payudara, tenggorokan, dan mulut.

Meningkatkan Sirkulasi Darah
Buah plum memiliki manfaat untuk meningkatkan kemampuan tubuh menyerap zat besi. Buah ini juga mengandung zat besi yang dibutuhkan untuk meningkatkan produksi sel darah dan mampu meningkatkan sirkulasi darah di tubuh.

Menurunkan Kolesterol
Plum mengandung serat larut yang bisa menurunkan tingkat kolesterol dan mengurangi produksi kolesterol pada hati. Serat larut ini terserap oleh empedu sehingga hati akhirnya menggunakan kolesterol yang tersimpan di tubuh dan menurunkan tingkat kolesterol.

Baik untuk Kulit
Mengonsumsi buah plum bisa membuat tekstur kulit menjadi lebih kencang dan terang. Buah ini juga mengurangi kerut dan mampu meremajakan kulit. Untuk mendapat manfaat ini, kamu bisa mengonsumsi plum secara langsung atau mengolahnya sebagai jus.

Baik untuk Tulang
Berdasar sejumlah penelitian, mengonsumsi plum bisa meningkatkan kesehatan tulang. Plum mengandung boron yang mampu menjaga kepadatan tulang dan menjaga kesehatannya. Buah ini juga kaya flavonoid dan fenolik yang mampu menahan turunnya kesehatan tulang.

Mengurangi Munculnya Bekas Luka
Plum bisa meningkatkan sirkulasi darah pada bekas luka sehingga membantu munculnya kulit baru dan mengurangi munculnya bekas luka. Kandungan ini bisa membantu kulit sembuh lebih cepat dan mengganti kulit yang rusak dengan kulit baru. Mengonsumsi plum juga bisa meningkatkan tekstur kulit dan elastisitasnya. Buah ini juga mampi mengurangi munculnya bintik hitam, bintik, dan juga mengatasi kondisi kulit lainnya.

Mengatasi Rambut Rontok dan Menumbuhkan Rambut
Plum bisa menghentikan kerontokan rambut dengan membalik kelelahan pada kelenjar adrenal. Buah ini juga bisa membuat rambut tumbuh karena kandungan zat besi dan meningkatkan sirkulasi darah.

Meningkatkan Ketahanan Tubuh
Mengonsumsi plum juga bisa mencegah munculnya sejumlah penyakit pada tubuhmu. Buah ini bisa meningkatkan daya tahan dan mendukung berkembangnya jaringan baru yang sehat dalam tubuh.

Sejumlah manfaat kesehatan tersebut bisa kamu peroleh dari konsumsi buah plum. Mulai masukkan buah ini dalam menu makanmu untuk memperoleh khasiat kesehatannya ini.*