Pemeran Soeharto di Film G30S PKI Meninggal Dunia

Selasa, 17 April 2018 - 12:58:58 WIB

Amoroso Katamsi. (sumber;internet)

JAKARTA - Amoroso Katamsi, aktor senior pemeran Presiden Soeharto dalam film G30S PKI meninggal dunia pukul 01.40 WIB, Selasa (17/4). Amoroso sempat dirawat di Rumah Sakit Angkatan Laut Mintohardjo, Jakarta.
 
"Amaroso Katamsi, aktor yang memerankan Presiden Suharto dalam pelbagai film, meninggal dinihari Selasa ini. Amaroso, seorang dokter TNI- AL, ikut grup teater yang dipimpin Sutradara Arifin C. Noer sejak masih kuliah di Yogya. Ia bisa tampak menyatu dengan sosok yang diperankannya," tulis Goenawan Mohamad di akun Twitternya.
 
Seperti diketahui, Amoroso Katamsi lahir di Batavia, Hindia Belanda, 21 Oktober 1940. Nama dia mulai dikenal lewat film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI yang dibuat pada tahun 1982 yang disutradarai oleh Arifin C. Noer. Amoroso juga berperan dalam film Djakarta 1966 didukung oleh Umar Kayam dengan sutradara yang sama.
 
Amoroso juga pernah menjadi ketua PARFI. Amoroso merupakan ayah dari suami dari penyanyi seriosa Indonesia, Pranawengrum Katamsi, ayah dari Aning Katamsi yang juga penyayi seriosa, dan Doddy Katamsi, vokalis band rock Elpamas.
 
Amoroso juga dipercaya memerankan tokoh Presiden Soeharto dalam film Dibalik 98. Film itu disutradarai oleh Lukman Sardi dan dibintangi oleh Chelsea Islan dan Boy William.*