Tak Lolos SNMPTN, Masih Ada SBMPTN dan Ujian Mandiri

Selasa, 17 April 2018 - 13:33:04 WIB

Ilustrasi Ujian SMPTN. (sumber;internet)

JAKARTA - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 diumumkan hari ini pada pukul 17.00 WIB. Untuk yang lulus, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengucapkan selamat. Namun, untuk yang belum lulus, jangan khawatir karena Nasir menyatkan bisa ikut tes di SBMPTN dan Ujian Mandiri.
 
"Bagi anak-anak yang belum diterima PTN, masih ada perguruan tinggi lainnya, swasta dan negeri lainnya melalui SBMPTN dan Ujian Mandiri," ujar Nasir, baru-baru ini.
 
Ia mengimbau kepada para calon mahasiswa yang hendak memilih perguruan tinggi swasta (PTS) agar melihat lebih rinci nama kampus yang terdaftar dalam pangkalan data Kemristekdikti. Sebab, banyak juga PTS yang belum masuk dalam daftar pangkalan data, dan dikhawatirkan tidak memenuhi standar dalam kualitasnya.
 
"Harapan masih terbuka, kita punya 4.570 perguruan tinggi. Kesempatan masih banyak peluang," katanya. Seperti diketahui, hari ini Panitia Pusat SNMPTN akan mengumumkan hasil SNMPTN di laman resmi SNMPTN dan sejumlah laman PTN pada pukul 17.00 WIB.*