Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Disepakati Pukul 14.30 WIB

Senin, 14 Oktober 2019 - 13:29:00 WIB

sumber;internet

JAKARTA - Pimpinan MPR menggelar rapat gabungan hari ini. Salah satu hasil rapat adalah menyepakati agenda pelantikan presiden-wakil presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin, pada Ahad (20/10/2019) pukul 14.30 WIB.

"Disepakati akan dilaksanakan pada 20 Oktober jam 14.30 WIB," kata Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) seusai rapat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/10/2019).

Selanjutnya, dalam rangka persiapan pelantikan, MPR akan menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah pihak esok hari, Selasa (15/10). Bamsoet mengatakan MPR bakal mengundang Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, hingga Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.

"Besok kami akan melakukan rapat koordinasi dengan mengundang Panglima TNI, Kapolri, Kepala BIN, Menlu, dan Setneg untuk memastikan soal keamanan dan protokoler," ujarnya.

Mengenai agenda pelantikan yang diundur hingga menjelang sore ini, Sekretaris Kabinet Pramono Anung memastikan bukan terkait potensi ancaman. Ia yakin pelantikan Jokowi-Ma'ruf berlangsung aman.

"Pasti aman lah. Karena ada tamu negara. Apa pun kalau sudah menyangkut pelantikan Presiden dan Wapres itu adalah prioritas dan kami meyakini Polri dan TNI pasti akan siap untuk mengamankan," ujar Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (14/10).

Sebelumnya, pelantikan presiden-wakil presiden mulanya dijadwalkan pada pagi hari. Agenda pelantikan semula dijadwalkan pada pukul 10.00 WIB.*