Ini Alasan Kucing Sering Meregangkan Badan dan Tidur Manja

Senin, 14 Oktober 2019 - 08:34:00 WIB

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Apakah kamu pecinta kucing? Jika kamu suka sekali dengan kucing, pasti sering melihat kucing berperilaku manja lalu tidur pulas.

Penelitian menyebutkan, waktu tidur kucing rata-rata 15 jam per hari. Beberapa dari mereka bahkan ada yang sampai 20 jam, terutama kucing berusia tua dan anak kucing. Sebenarnya apa yang membuat mereka seolah tidur kelelahan?

Melansir dari Britannica, Jakarta, Senin (14/10/2019), kucing merupakan predator alami. Mangsa mereka cepat dan sulit ditangkap. Menyelinap dan menerkam berulang kali, sehingga tidak diragukan lagi kegiatan tersebut melelahkan. Kucing di alam liar bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan makanan mereka, dan mengeluarkan upaya fisik semacam itu membutuhkan banyak ‘pengisian daya’.

Mereka bukan hanya predator biasa, tetapi juga predator crepuscular, yang berarti bahwa aktivitas dimulai untuk mereka saat fajar dan senja ketika mangsa mereka sperti tikus dan burung sama-sama aktif. Di sisa harinya, mereka menghabiskan waktu untuk tidur.

Sekitar tiga perempat dari tidur mereka adalah istirahat dangkal, hampir bangun yang disebut slow-wave sleep (SWS). Kucing tertidur dalam posisi siaga, indra penciuman dan pendengaran dalam mode "on" serta telinga sesekali berkedut.

Damai tetapi siap, mereka siap untuk bereaksi secara instan untuk menerkam mangsa atau memukul dan menggaruk Anda karena keberanian membelai mereka saat mereka sedang tidur. Catnaps terkenal ini biasanya berlangsung 15-30 menit.

Sementara seperempat lainnya benar-benar larut nyenyak dalam tidurnya. Jika sepertinya mereka bermimpi maka kaki mereka bergetar, itu karena mereka mungkin sedang bermimpi. Tidur nyenyak ini biasanya datang dalam peningkatan lima menit awal yang tak terlalu pulas.

Jadi bagaimana dengan kucing rumahan saya yang tidak pernah meninggalkan rumah? Dia yang menguntit makanannya dengan menyudutkan mangkuk. Kenapa dia juga selalu tidur? Jawabannya adalah, keturunan.

Sebagai spesies kucing, apakah mereka tidur di jalan atau berpelukan di sofa, semuanya terhubung ke jam internal yang sama dalam tidur dan beraktivitas. Kucing rumahan juga tidur ketika mereka merasa bosan.*