Bawaslu Riau Raih Inovasi Pengawasan Pemilu Terbaik se-Indonesia

Sabtu, 26 Oktober 2019 - 05:21:00 WIB

JAKARTA - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Riau meraih juara pertama dalam kategori Inovasi Pengawasan Pemilu Terbaik se-Indonesia pada Bawaslu Award 2019 tadi malam di Jakarta.

Untuk diketahui, Bawaslu Award adalah sebuah ajang pemberian penghargaan bergengsi pada pengawasan Pemilu di Indonesia yang diadakan Bawaslu RI setiap kali usai melaksanakan pengawasan Pemilu.

Bawaslu Riau meraih dua penghargaan sekaligus dari 12 kategori yang diperebutkan, yaitu Juara Pertama pada kategori Inovasi Pengawasan Pemilu diraih oleh Bawaslu Riau dan Juara ketiga kategori Kinerja Pengawasan Terbaik diraih oleh Bawaslu Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

Adapun 12 kategori yang dilombakan adalah Kategori Kinerja Pengawasan Terbaik, Inovasi Pengawasan Terbaik, Fungsi Hubungan Masyarakat dan Hubungan antar lembaga Terbaik, Pengelolaan PPID Terbaik, Inovasi Pencegahan Terbaik, Penanganan Pelanggaran Terbaik, Sentra Gakkumdu Terbaik.

Selanjutnya kategori Penanganan Pelanggaran Administrasi Terbaik, Mediator Terbaik, Penyelesaian Sengketa Terbaik, Penyusunan dan Pemberian Keterangan di MK Terbaik, dan Tata Kelola Sumber Daya Manusia Terbaik.

Sementara itu Bawaslu Kabupaten Kepulauan Meranti berhasil meraih Juara ketiga pada Kategori Kinerja Pengawasan Terbaik tingkat Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Bawaslu Award 2019 ini dihadiri oleh 34 Provinsi dan 415 kab/kota se-Indonesia yang terdiri ketua dan anggota Bawaslu provinsi dan kabupaten/kota serta kepala sekretariat se-Indobesia.

Tujuan Bawaslu Award 2019 dilaksanakan sebagia bentuk apresiasi Bawaslu RI kepada jajaran pengawas Pemilu di tiap tingkatan.

Terlihat Ketua Bawaslu Provinsi Riau, Rusidi Rusdan menerima langsung penghargaan tersebut. Usai menerima piagam penghargaan dan tropi, Rusidi mengungkapkan rasa syukur kepada Allah swt atas raihan tersebut. Ia mengucapkan terima kasih seluruh jajaran pengawas pemilu se-Provinsi Riau.

"Alhamdulillah tahun ini Bawaslu Provinsi Riau dan seluruh jajaran Pengawas Pemilu se-Riau mendapat anugerah juara pertama dalam inovasi pengawasan terbaik se-Indonesia. Ini adalah hasil kerja seluruh lapisan pengawasan se-Riau. Secara khusus saya mengucapkan terima kasih kepada sahabat sahabat saya Anggota Bawaslu Riau, Neil Antariksa, Gema Wahyu Adinata, Amiruddin Sijaya, Hasan dan Kepala Sekretariat serta seluruh staff yang telah bekerja keras sehingga memperoleh penghargaan ini," jelasnya.

Selanjutnya Rusidi mengajak seluruh jajaran pengawas pemilu di Riau untuk lebih inovatif lagi dalam Pilkada Tahun 2020 yang akan datang.*