Satu Kartu Untuk Sembako, Wako Pekanbaru Luncurkan Bantuan Pangan Non Tunai

Senin, 14 Oktober 2019 - 11:24:00 WIB

Foto bersama

PEKANBARU - 13.784 keluarga pra sejahtera di Kota Pekanbaru menerima bantuan pangan tahun ini. Mereka adalah KPM yang terdata di Dinas Sosial Kota Pekanbaru. Satu keluarga prasejahtera mendapat BPNT senilai Rp110 ribu. Proses penyaluran secara simbolis berlangsung di Kediaman Walikota Pekanbaru seiring dengan diluncurkannya program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Senin (14/10/2019). Penyaluran bantuan secara non tunai ini untuk mengantisipasi penerima bantuan tidak tepat sasaran. 

Program ini diluncurkan seiring penerapan teknologi dalam menyalurkan bantuan kepada keluarga pra sejahtera. Mereka yang menerima BPNT adalah pemegang kartu kombo. Para keluarga pra sejahtera bisa membeli kebutuhan pangan di 69 e-Warung yang lokasinya menyebar di 12 kecamatan. Wali Kota Pekanbaru berpesan agar para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tidak menyalahgunakan BPNT dan tidak ingin mendapat informasi ada KPM menjual barang bantuan ke e warung.

"Maka pendamping harus memastikan BPNT tepat sasaran, bawa pulang untuk dimanfaatkan bagi keluarga," jelasnya usai kegiatan.

Firdaus berharap program ini bisa mendukung pemenuhan gizi keluarga, terutama keluarga pra sejahtera di Kota Pekanbaru. Ia tidak menampik bahwa penyaluran BPNT masih menghadapi kendala pada data hingga proses pencairan BPNT.

Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Chairani menyebut bahwa BPNT adalah transformasi dari raskin dan rastra. Masyarakat pra sejahtera nantinya mendapat bantuan secara rutin tiap bulannya. Para KPM bisa melakukan transaksi secara elektronik. Mereka cukup menggunakan kartu kombo BPNT.

"Mereka menggunakan kartu combo untuk transaksi di e warung. Nanti tinggal gesek di mesin EDC," jelasnya.

Pihaknya sudah mempersiapakan data para penerima. Dinas sosial Pekanbaru sudah melakukan verifikasi data sebanyak empat kali dalam setahun. Program ini bentuk sinergi Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Bulog Divre Riau Kepri, BRI, BUMD Pangan Kota Pekanbaru dan Tim Penguatan Pangan Kota Pekanbaru. (adv)