5 Penyakit Ini Endemik di Musim Hujan, Jaga Kondisi Tubuh

Senin, 02 Desember 2019 - 07:11:00 WIB

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Musim hujan merupakan musim yang dipercaya sebagai musim rawannya penyakit akibat mikroba dan virus yang banyak berkembang di musim hujan. Tak jarang banyak sebagian orang yang terserang penyakit ketika musim hujan melanda.

Bagi Anda yang tidak memiliki sistem kekebalan tubuh yang prima, Anda akan menderita karena serangan penyakit sepanjang musim hujan ini. Untuk itu, sebisa mungkin Anda harus tetap menjaga kondisi tubuh agar terhindar dari penyakit.

Dengan kondisi cuaca hujan maka angin kencang akan berhembus sehingga memungkin kan untuk meniup sampah yang tidak dibuang pada tempatnya akan menyumbat saluran air. Hal ini akan menyebabkan banjir akan terjadi.

Dengan adanya beberapa masalah cuaca tersebut, tentunya akan berpengaruh terhadap penurunan daya tubuh yang Anda miliki. Seringkali, kondisi menurunnya berat badan akan membuat Anda terserang beberapa penyakit.

Ketika musim hujan melanda usahakan Anda menjaga kondisi stamina tubuh misalnya dengan meminum suplemen vitamin C agar tidak mudah terserang oleh penyakit. Berikut adalah rangkuman Merdeka.com tentang macam penyakit yang datang di musim hujan dari beberapa sumber:

Demam dan flu
Deman dan flu ini adalah penyakit yang dianggap populer ketika musim hujan melanda. Tidak memandang usia, dua penyakit ini dapat menyerang siapa saja yang tidak memiliki sistem kekebalan tubuh yang prima ketika musim hujan. Demam dan flu ini terjadi akibat kondisi cuaca tidak menentu serta suhu yang turun drastis, sehingga daya tahan tubuh dapat terganggu. Gejala umum yang akan muncul adalah bersin, batuk dan suhu tubuh meningkat.

Demam berdarah
Salah satu penyakit menular yang sering terjadi ketika musim hujan adalah demam berdarah. Penyakit ini disebabkan oleh binatang nyamuk dengan jenis Aedes Aegypti. Deman berdarah juga sering disebut penyakit break-bone, karena menyebabkan nyeri sendi hingga terasa retak pada tulang. Demam darah yang sudah dalam kondisi parah menyebabkan pendarahan yang serius serta terjadi penurunan darah tiba-tiba. Demam berdarah serius juga akan menyebabkan kematian.

Diare
Penyakit yang ditandai dengan mengencernya feses dan frekuensi buang air besar secara terus-menerus ini sering terjadi ketika musim hujan tiba. Karena bakteri yang menyebar ketika musim hujan seperti E.coli, shigella, cryptosporidium dan rotavirus. Penyakit ini merupakan penyakit yang ringan, akan tetapi juga memiliki kisaran kondisi sementara hingga berbahaya untuk nyawa penderitanya.

Malaria
Penyakit berbahaya yang dapat menyerang Anda di musim hujan adalah malaria. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi parasit plasmodium yang menular melalui gigitan nyamuk anopheles. Penyakit ini akan sangat meningkat ketika musim hujan dan juga setelah musim hujan. Malaria bisa berkembang dan memiliki risiko menyerang nyawa penderitanya jika tidak segera dilakukan penanganan.

ISPA
Infeksi Saluran Pernapasan Akut atau ISPA adalah penyakit yang sangat memungkinkan untuk menyerang ketika musim hujan telah tiba. Penyakit ini disebabkan oleh virus, bakteri dan beberapa jenis mikroba yang dapat menyerang bagian pernapasan. ISPA memiliki gejala seperti batuk dan demam. Jika dalam kondisi akut akan memungkinkan penderita mengalami sesak napas dan nyeri pada bagian dada. Untuk melakukan pencegahan agar tidak terserang ISPA di saat musim hujan, jagalah kesehatan Anda dengan tetap mengonsumsi makanan penuh gizi agar kondisi tubuh Anda tetap sehat. Biasakan untuk menutup mulut ketika bersin atau batuk.*