Fasilitas Publik Belum Ramah bagi 1.013 Pengandang Disabilitas di Pekanbaru

Senin, 02 Desember 2019 - 07:28:00 WIB

sumber;internet

PEKANBARU - Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru, Chairani menyebut, di Kota Pekanbaru terdata ada sebanyak 1.013 orang penyandang disabilitas. Jumlah itu terbagi menjadi dua, yaitu disabilitas ringan dan berat.

"Ada 933 orang penyandang disabilitas ringan dan 80 orang penyandang disabilitas berat," kata Chairani, Ahad (1/12/2019).

Kata dia, penyandang disabilitas berat itu bisa dikatakan sudah tidak bisa apa-apa lagi. Sedangkan penyandang disabilitas ringan masih bisa beraktivitas.

"Dari data tersebut, angka disabilitas di Pekanbaru sekitar 0,1 persen dari jumlah penduduk Pekanbaru sebesar 1,1 juta jiwa," jelasnya.

Ia juga mengungkapkan, penyandang disabilitas mengeluhkan accessibility atau sarana dan prasarana umum.

"Seperti halte bus Trans Metro Pekanbaru yang hanya menggunakan tangga, sehingga penyandang disabilitas kesulitan," jelasnya.
"Selain itu accessibility kesehatan, keterampilan, agar ke depannya dapat ditingkatkan lagi," tambahnya.

Kemudian untuk pendidikan, Ia mengatakan untuk yang bisa sekolah pihaknya meminta keluarga menyekolahkannya. Akan tetapi kata Chairani, banyak keluarga yang masih minder karena keterbatasannya.

"Kami dari Dinas Sosial tidak bisa bekerja sendiri, karena sosial adalah kerja multidimensi. Oleh karena itu, mari sama-sama kita mencarikan solusinya," jelasnya.*