Waspada, Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang di Riau

Kamis, 19 Desember 2019 - 09:01:00 WIB

Ilustrasi.(sumber;internet)

PEKANBARU - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan Riau masih berpotensi diguyur hujan, Kamis (19/12/2019). Seperti disampaikan Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Marzuki, hujan mengguyur Riau sejak pagi hingga dini hari.

"Hujan yang mengguyur Riau memiliki intensitas ringan hingga lebat yang bisa disertai petir dan angin kencang. Namun hujan tidak merata, hanya terjadi di sebagian wilayah saja," ujar Marzuki.

Ia mengatakan, pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di sebagian wilayah Rokan Hilir, Bengkalis, Kepulauan Meranti, dan juga Kota Dumai.

"Siang hingga sore hari hujan dengan intensitas ringan hingga sedang berpotensi terjadi disebagian wilayah Indragiri Hilir, Kampar dan Pekanbaru. Sementara di sebagian wilayah Indragiri Hulu, Kampar, Pelalawan, dan Rokan Hulu berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat," ujarnya.

Lanjut Marzuki, malam hari potensi hujan terjadi di sebagian wilayah Bengkalis, Dumai, Kampar, Siak, Kepulauan Meranti dan Rokan Hilir.

"Di sebagian wilayah lainnya yakni di wilayah Indragiri Hulu, Kuansing, Pekanbaru, Pelalawan, Rokan Hulu, dan Siak terjadi potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai petir dan angin kencang," ungkapnya.

Lalu dini hari potensi hujan dengan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Indragiri Hulu, Kuansing, dan Rokan Hulu.

"Peringatan dini untuk masyarakat agar mewaspadai hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang terjadi di wilayah Indragiri Hulu, Kampar, Pelalawan, Rokan Hulu, Kuansing, Pekanbaru, Pelalawan, dan Siak," pungkasnya.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 22.0 – 31.0 derajat celcius dengan kelembaban udara 65 – 98 persen. Sementara arah angin berhembus ke arah Barat Laut – Utara dengan kecepatan 10 - 20 km/jam, saat cuaca buruk dapat mencapai 40 km/jam.

Prakiraan Gelombang Laut, prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 - 1.25m.*