Mau Makan Enak Tapi Takut Gemuk? Begini Triknya Tetap Kurus

Selasa, 07 Januari 2020 - 12:47:00 WIB

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Sarapan roti setiap pagi atau meneguk secangkir kopi yang ditambahkan krimer memang sangat nikmat bukan? Namun, tak semua makanan dan minuman yang kamu suka itu boleh dikonsumsi setiap hari lho!

Meski tak sehat bila dikonsumsi setiap hari, kamu bisa mencari pengganti makanan dan minuman tersebut sebagai penggantinya.

Mengutip dari Healthline, berikut ini adalah 4 makanan sehat yang bisa jadi pilihan pengganti untuk kamu konsumsi sehari-hari.

1. Krimer kopi diganti santan
Krimer membuat rasa kopi jadi lebih lembut, manis dan menambah kenikmatannya. Namun, krimer umumnya dikemas dengan tambahan gula di dalamnya, sehingga akan menimbulkan masalah kesehatan, seperti risiko naiknya berat badan bila dikonsumsi setiap hari.

Terlebih, krim kopi kebanyakan mengandung warna buatan, pengawet dan pengental seperti karagenan.

Tak perlu khawatir, ada alternatif pengganti krimer yang bebas bahan susu dan renda gula tambahan, maka resep sederhana ini bisa kamu coba:

- Satu kaleng santan berukuran 400 ml yang rendah lemak
- 1 sendok makan (15 ml) sirup maple atau bisa juga sesuai selera
- 1 sendok teh (5ml) ekstrak vanili

Cukup masukkan bahan-bahan ke dalam botol lalu kocok dengan baik hingga semuanya bercampur. Simpan di dalam kulkas selama satu minggu atau bekukan di dalam freezer untuk penyimpanan jangka panjang dan jangan lupa kocok terlebih dahulu krimer yang kamu buat sebelum menggunakannya.

2. Soda diganti infused water
Soda dan minuman manis lainnya memang memiliki risiko pada masalah kesehatan bila dikonsumsi secara terus-menerus. Misalnya risiko terkena diabetes, obesitas, bahkan sindrom metabolik, seperti gejala naiknya tekanan darah dan peningkatan gula darah.

Apabila kamu sangat menyukai minum soda, kamu bisa mencoba alternatif ini sebagai gantinya:

- Infused water, masukkan irisan buah-buahan favorit ke dalam botol yang berisi air mineral, ini bisa jadi pengganti soda yang sehat dan tentu beraroma buah-buahan.
- Teh hijau, kandungan gula yang jauh lebih sedikit daripada soda, bisa menjadi pilihan sehat pengganti soda.

Meski terdapat berbagai macam pilihan, tetap saja air putih merupakan pilihan yang terbaik untuk kesehatan.

3. Roti putih diganti roti gandum
Umumnya orang lebih menyukai tekstur roti putih yang lembut dan empuk daripada roti yang lebih sehat seperti gandum atau gandum hitam. Namun, seperti semua produk olahan biji-bijian, roti putih hanya mengandung sedikit nilai gizi, karena rendah serat, vitamin, protein dan juga antioksidan.

Tentu, menggantinya dengan opsi yang lebih bergizi akan meningkatkan kesehatan di tubuh kamu, seperti lebih memilih gandum yang berjenis kecambah, seperti roti Yehezkiel karena tinggi protein dan juga serat.

4. Permen diganti buah kering
Siapa yang tak suka cemilan manis ini? Seperti yang kita ketahui, terlalu banyak mengonsumsi permen akan meningkatkan risiko terkena obesitas, diabetes, bahkan penyakit jantung.

Mengganti permen dengan alternatif lain merupakan pilihan yang bijak bukan? Kamu bisa menggantinya dengan buah-buahan kering, seperti mangga atau apel kering yang lebih memberikan nilai gizi daripada permen.

Tak hanya itu, cemilan pengganti seperti smoothie, yogurt, dan buah segar lainnya bisa menjadi pilihan sehat yang kaya akan gizi sebagai pengganti permen.*