BMKG Deteksi 9 Hotspot di Riau

Rabu, 15 Januari 2020 - 08:48:00 WIB

Ilustrasi (sumber:internet)

PEKANBARU - Dari pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), ditemukan 9 titik panas atau hotspot hari ini Rabu (15/1/2020) di Provinsi Riau. Berdasarkan catatan BMKG juga, hotspot tersebut tersebar di 2 wilayah.

"Titik panas terdeteksi di Bengkalis dan Pelalawan," ujar Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Marzuki, Rabu (14/1/2020).

Ia mengatakan di Bengkalis terpantau 8 titik panas, sementara di Pelalawan hanya 1 titik.

Lanjut Marzuki, dari jumlah tersebut, 2 titik diantaranya dipastikan ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan. Karena dua titik tersebut memiliki level confidence di atas 70 %, artinya bisa dipastikan itu titik api.

"Titik api itu berada di Bengkalis tepatnya di Kecamatan Rupat Utara," cakapnya.

BMKG terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Mengenai cuaca, hari ini Riau didominasi cerah berawan. Hanya dini hari saja ada potensi hujan ringan. Pagi hingga malam cuaca cenderung cerah berawan dan tak ada potensi hujan.

"Dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang bersifat tidak merata terjadi di sebagian wilayah Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kepulauan Meranti, dan juga Kabupaten Siak," tukasnya.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 33.0 derajat celcius dengan kelembaban udara 58 – 97 %. Sementara arah angin berhembus ke arah Barat Laut – Timur Laut dengan kecepatan 10 - 20 km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 - 1.25 meter.*