Sempat Tertutup, Jalur Garut-Pameungpeuk Sudah Bisa Dilalui

Rabu, 26 Februari 2020 - 04:59:00 WIB

sumber;internet

GARUT - Jalur Garut-Pameungpeuk yang sempat terisolir karena longsor tebing batu kini sudah bisa dilalui kembali. Petugas mengimbau warga mewaspadai longsor susulan.

Kasat Lantas Polres Garut AKP Asep Nugraha menjelaskan, material longsor yang terjadi di Jalan Raya Cikajang-Pameungpeuk, tepatnya di Kampung Legok, Desa Karamatwangi, Cikajang, itu sudah berhasil dievakuasi.

"Material longsor sudah dibersihkan dan jalan sudah dapat dilalui kembali," ucap Asep, Rabu (26/2/2020) dini hari.

Untuk diketahui, longsor tebing batu terjadi di tempat tersebut Selasa sore sekira pukul 15.00 WIB. Berdasarkan informasi yang dihimpun detikcom, longsor terjadi setelah hujan lebat mengguyur kawasan tersebut sejak Selasa pagi.

Akibat longsor itu, sebuah batu berukuran besar menutup Jalan Raya-Cikajang-Pameungpeuk yang merupakan akses utama menuju kawasan Garut wilayah selatan.

Arus lalu lintas pun sempat tersendat. Arus lalin menuju selatan Garut sempat dialihkan ke Jalur Bungbulang.

Sekitar 5 jam kemudian, material longsor yang menutupi badan jalan akhirnya berhasil dievakuasi petugas gabungan dibantu warga setempat. Akses dari Garut menuju selatan maupun sebaliknya kembali bisa dilalui dengan lancar.

Asep menambahkan, pihaknya meminta pengguna jalan untuk berhati-hati saat melintas di kawasan rawan longsor. Asep meminta warga mengantisipasi terjadinya longsor susulan di kawasan tersebut.

"Tetap jaga keselamatan, hati-hati saat berkendara. Jika hujan turun lebat, kami sarankan untuk menepi terlebih dahulu di tempat yang aman," tutup Asep.*