Program TOS Pekanbaru Sasar OTG Covid-19

Rabu, 29 Juli 2020 - 09:00:00 WIB

PEKANBARU - Hari ini Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menggelar rapid test massal di Kelurahan Rejosari. Selain rapid test, juga dilakukan penyemprotan disinfektan.

Kegiatan itu masuk ke dalam program TOS (Temukan kasus, Obati dan Sembuhkan) guna menekan sebaran wabah Covid-19 yang kembali meningkat sejak beberapa pekan terakhir.

Pj Sekda Kota Pekanbaru M Jamil MSi memimpin TOS berupa penyemprotan dan rapid tes masal yang digelar di Kelurahan Rejosari Kecamatan Tenayanraya Pekanbaru, Rabu (29/7/2020). Diterangkan Juru Bicara Bidang Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru dr Mulyadi menyebutkan, dalam program TOS itu, pemerintah kota akan lebih meningkatkan pelacakan kontak atau tracing terhadap pasien positif.

"Ini sesuai dengan rapat evaluasi penanganan Covid-19 yang dipimpin langsung oleh bapak Walikota Pekanbaru. Dari hasil rapat, kita akan meningkatkan tracing kontak, tujuannya bagaimana kita menemukan kasus Covid-19 ini dengan secepat-cepatnya untuk kemudian diobati dan disembuhkan," kata dr Mulyadi, Selasa (28/7/2020).

Selain itu, juga penyemprotan cairan disinfektan berbarengan dengan pelaksanaan rapid test. "Penyemprotan disinfektan akan lebih ditingkatkan di wilayah-wilayah yang banyak kasus konfirmasi positif," jelasnya.*