Kini Kontak Erat OTG Covid-19 Tidak Wajib SWAB

Jumat, 25 September 2020 - 14:29:00 WIB

Ilustrasi.(sumber;internet)

PEKANBARU - Kontak erat Orang Tanpa Gejala (OTG) Virus Corona atau Covid-19 tidak wajib menjalani swab tes. Kebijakan itu dari pemerintah pusat dan sudah berlaku sejak seminggu terakhir.

Plh Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, saat ini ada pedoman Penanganan Covid-19 yang baru dari pemerintah yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan.

"Salah satunya ketika orang positif tanpa gejala, kontak eratnya tidak wajib lagi dilakukan pemeriksaan swab. Kecuali bergejala. Ini mulai hari Minggu lalu, jadi kalau positif tidak perlu khawatir," kata Zaini, Jumat (25/9/2020).

Dia mencontohkan, misalnya dengan kondisi di Lapas, meski merupakan lingkungan tertutup. Namun yang terpenting adalah penerapan protokol kesehatan.

"Intinya yang ditekankan disiplin protokol kesehatan. Ketika siapapun dia lawan kita berbicara dan tatap muka, baik negatif maupun positif asal menerapkan protokol kesehatan insyaAllah terhindar dari kasus positif," jelasnya.

Namun, sebaliknya yang akan terjadi jika tidak menerapkan protokol kesehatan akan berbahaya. "Tapi kalau kita tidak melaksanakan protokol kesehatan, bisa-bisa kita kena positif," jelasnya.*