6 Tanaman Hias Ini Tak Butuh Banyak Cahaya Matahari

Senin, 02 November 2020 - 10:21:00 WIB

Ilustrasi.(sumber;internet)

PEKANBARU - Tak semua rumah mendapatkan sinar matahari yang cukup. Namun keterbatasan 'akses' sinar matahari ini tak berarti membuat Anda tak bisa memiliki tanaman hias.

Yang harus diperhatikan tak semua tanaman hias butuh banyak cahaya matahari. Ada beberapa tanaman hias yang nyatanya bisa tumbuh baik dengan asupan cahaya matahari yang sedikit, redup, atau minim.

Mengutip Martha Stewart, berikut tanaman hias yang tumbuh baik dengan sinar matahari yang sedikit.

1. Sanseviera
Sanseviera dikenal sebagai tanaman ular atau snake plant karena daunnya yang memanjang tinggi dan kurus. Tanaman hias ini juga memiliki bunga yang menyerupai lili.

Sanseviera termasuk dalam daftar tanaman pemurni udara dan penghilang polusi. Selain itu tanaman ini juga tahan kekeringan dan tak butuh banyak cahaya matahari.

2. ZZ
ZZ, atau Zamiaculcas zamiifolia, adalah pilihan toleran terhadap kekeringan dan cahaya yang rendah. Varietas ini hadir dengan dedaunan hijau solid yang tingginya antara satu hingga tiga kaki.

Pohon ini disebut juga sebagai pohon dolar atau Zanzibar gem.

3. Peace lily
Tanaman hias ini dikenal karena bunga putihnya yang besar dan indah. Tanaman ini memiliki nama latin Spathiphyllum sp dan menyukai kelembapan dan bisa bertahan dengan cahaya matahari minim dibanding tanaman tropis lainnya. Selain itu tanaman ini juga jadi pembersih udara.

4. Ivy
Jika Anda mencari tanaman yang tumbuh subur dalam cahaya redup, Anda tidak akan salah dengan Devil's Ivy. Juga dikenal sebagai Pothos atau Philodendron, tanaman merambat yang panjang ini dapat mencapai panjang 15 kaki atau lebih. Tanaman ini juga mudah diperbanyak - cukup dengan meletakkan stek di air.

5. Chinese Evergreen
Ingin mencerahkan sudut gelap dengan sedikit warna? Cobalah Aglaonema sp, atau Chinese Evergreen, yang terkenal dengan dedaunan warna-warni hijau atau merah-dan-merah jambu. Tanaman berwarna-warni, pembersih udara lainnya, dapat mentolerir tanah yang lembap hingga agak kering di sela-sela penyiraman.

6. Spider Plant
Jika Anda mencari tanaman gantung, Chlorophytum sp, atau Spider Plant, adalah pilihan yang tepat. Ia suka menjadi sedikit kering di antara penyiraman, dan akan mentolerir cahaya tidak langsung atau minim cahaya.*