BPBD Pekanbaru Bentuk 6 Kelurahan Tangguh Bencana

Selasa, 24 November 2020 - 07:14:00 WIB

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra

PEKANBARU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) membentuk enam Kelurahan Tangguh Bencana. Enam kelurahan itu berada di Kecamatan Tampan, Tenayan Raya, Rumbai dan Payung Sekaki.

"Keenam kelurahan tersebut di antaranya Kelurahan Tobek Godang, Palas, Srimeranti, Industri Tenayan, Tirta Siak dan Bandar Raya," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra.

Keenam Kelurahan Tangguh Bencana merupakan kelurahan yang rawan terjadinya bencana alam seperti banjir. Sehingga, dengan ditetapkan sebagai Kelurahan Tangguh Bencana, masing-masing kelurahan bisa memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya.

"Dan juga mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana," jelasnya.

Kata dia, pembentukan Kelurahan Tangguh Bencana ini untuk meningkatkan peran masyarakat agar bisa aktif mengurangi risiko bencana.

"Peran serta masyarakat ini diperlukan karena penanganan bencana bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tapi merupakan tanggung jawab bersama," jelasnya.*