Mau 'Protes' Kinerja Polisi, Laporkan Saja Guna Aplikasi Dumas Presisi

Rabu, 24 Februari 2021 - 13:02:00 WIB

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo

JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meresmikan aplikasi Pengaduan Masyarakat Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan (Dumas Presisi), untuk mewujudkan bentuk transparansi dan handling complain bagi masyarakat luas.

Peluncuran aplikasi Dumas Presisi digelar dalam kegiatan Rakerwas Itwasum Polri Tahun Anggaran 2021, di Gedung Rupatama Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (24/2/2021).

Dalam sambutannya, Kapolri Listyo Sigit bertekad untuk memaksimalkan aplikasi Dumas Presisi dan sosialisasikan kepada masyarakat.

“Aplikasi ini merupakan wujud handling complain dan transparansi Polri dalam membentuk sistem pengawasan oleh masyarakat dengan cepat, mudah, dan terukur,” ujarnya

Dikatakan Sigit, jajaran Itwasum diharapkan menjadikan momentum Rakerwas ini sebagai sarana berbagi informasi dan merumuskan cara bertindak dalam menangani berbagai permasalahan tugas di lapangan.

“Serap setiap informasi yang disampaikan oleh para narasumber, sebagai upaya memperkaya wawasan serta menyempurnakan strategi, teknis, dan cara bertindak di lapangan,” ungkapnya.

Sigit pun menginstruksikan agar jajaran terus merajut kerja sama dan sinergitas lintas fungsi dan sektoral, bersama institusi pemerintah, Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan pengawas eksternal independen.

Kemudian, lanjutnya, melakukan pengelolaan dan menemukan solusi terbaik dalam menangani pengaduan masyarakat, serta manfaatkan masukan dari pengamat dan pengawas eksternal Polri.

“Lakukan evaluasi tugas-tugas di bidang pengawasan dan pemeriksaan, baik yang dilaksanakan secara rutin maupun khusus,” katanya.

Terakhir, Sigit menekankan kalau Rakerwas ini juga bisa dimanfaatkan untuk memberikan pemikiran yang out of the box dalam rangka mengantisipasi kemungkinan penyimpangan yang dilakukan anggota dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya.*