Bapenda Kota Pekanbaru Raih Penghargaan Perangkat Daerah Sangat Inovatif 2020

Rabu, 28 April 2021 - 15:06:00 WIB

PEKANBARU - Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT memberikan penghargaan kepada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda)  Kota Pekanbaru sebagai Perangkat Daerah Sangat Inovatif tahun 2020. Apresiasi ini menyusul keberhasilan Bapenda mengembangkan kemudahan layanan pajak bagi masyarakat bisa di ujung jari yaitu Aplikasi SmartPBB Pekanbaru.

"Ini keberhasilan Bapenda Kota Pekanbaru sebagai salah satu petangkat daerah yang terus berupaya membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk menjadi Wajib Pajak (WP).

Kepala Badan Pendapatan Pekanbaru H.Zulhelmi Arifin,S.STP.M.Si mengatakan Perlunya reformasi administrasi perpajakan harus dilakukan secara berkesinambungan sehingga fungsi pelayanan dapat diberikan secara optimal kepada masyarakat.

Adapun Reformasi Administrasi yang dilakukan oleh Bapenda Kota Pekanbaru yakni meluncurkan aplikasi SmartPBB Pekanbaru untuk mempermudah masyarakat mendaftar pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB-P2).  

Dan memaksimalkan pelayanan melalui E-commerce ini, telah mampu permudah masyarakat dalam membayar pajak.

Sebagai upaya memberikan kemudahan kepada Wajib Pajak, Bapenda Kota Pekanbaru melalui e-commerce telah menyiapkan perangkat pembayaran secara elektronik lainnya seperti,  buka lapak, tokopedia, traveloka, linkaja, gopay, via indomaret, alfamart dan di  UPTB Pendapatan Pekanbaru yang tersebar di 5 Kecamatan.*