Giliran Imam dan Pengurus Masjid di Pekanbaru Kena Vaksinasi

Ahad, 30 Mei 2021 - 10:02:00 WIB

PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru, Firdaus meninjau vaksinasi massal di Vaksinasi berlangsung di Masjid Agung An Nur, Ahad (30/5/2021). Vaksinasi massal ini bagi imam dan pengurus masjid di Kota Pekanbaru.

Firdaus mengatakan bahwa vaksinasi ini bagian dari upaya vaksinasi bagi tokoh agama. Mereka yang mendapat suntik vaksin adalah para imam dan pengurus masjid. Ia menyebut sebelumnya para mubaligh sudah mendapat suntik vaksin.

"Mereka mendapat suntikan vaksin karena merupakan tenaga layanan publik," jelasnya di sela meninjau vaksinasi massal.

Firdaus mengatakan bahwa tidak cuma tokoh agama Islam yang mendapat vaksin. Tokoh agama lainnya juga mendapat suntikan vaksin.

"Mereka setiap harinya kontak dengan jemaat, sebagai petugas layanan publik mereka pun jalani vaksinasi," ujarnya.

Dirinya berharap upaya percepatan vaksinasi bisa menekan penularan covid-19. Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk ikut suntik vaksin.

Masyarakat yang sudah disuntik vaksin sebanyak 140 ribu orang. Sedangkan total masyarakat yang harus disuntik vaksin mencapai 730 ribu orang. 

Vaksinasi ini untuk menciptakan kekebalan kelompok. Ia juga berharap masyarakat bisa disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Firdaus juga mengajak masyarakat di daerah sekitar Kota Pekanbaru juga disuntik vaksin. Apalagi penanganan covid-19 di Kota Pekanbaru didukubg oleh daerah sekitarnya.

Proses penanganan covid-19 juga tergantung dari penanganan covid-19 di daerah sekitarnya. Sejumlah daerah terdekat yakni masuk dalam Pekansikawan (Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan).

"Maka kita bisa bersama, sebab Pekansikawan bagian tidak terlepas dari Kota Pekanbaru," ujarnya.

Firdaus berharap kepala daerah di Pekansikawan punya kebijakan khusus bagi masyarakat di pinggiran kota. Apalagi posisinya berada di perbatasan daerah Kota Pekanbaru.

"Mereka bisa jadi prioritas awal karena sering bepergian ke Pekanbaru," ujarnya.

Ketua MUI Riau, Ilyas Husti mengapreasiasi langkah vaksinasi ini. Ia berharap imam dan pengurus masjid bisa menjaga kesehatan.

"Kita mengajak seluruh imam dan pengurus masjid bisa ikut vaksinasi ini," terangnya.

Ada rencana jumlah penerima vaksin masal ini hampir mencapai 3.000 orang. Jumlah ini bisa bertambah seiring antusias calon penerima vaksin.*