Wako Luncurkan Feeder Transportasi untuk Jangkau Kawasan Perumahan

Jumat, 17 September 2021 - 13:11:00 WIB

PEKANBAU - Angkutan umum massal diluncurkan pertama kali di Kota Pekanbaru pada Juni 2009. Angkutan umum ini dinamakan Trans Metro Pekanbaru. Awalnya, bus ini hanya beroperasi 20 unit. Bus ini bantuan dari Kementerian Perhubungan. Trayek yang dibuka hanya dua koridor waktu itu. Koridor pertama melayani rute Perumahan Pandau (Desa Pandau Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar) ke Pelita Pantai (Kelurahan Tanjung Rhu, Kecamatan Limapuluh, Kota Pekanbaru). 

Koridor kedua melayani rute Terminal Bandar Raya Payung Sekaki-Kulim. Pada 2014, Pemko Pekanbaru mengembangkan wilayah operasional bus TMP dengan menambah 7 koridor. Jumlah armada sebanyak 75 unit bus berukuran besar. Saat ini, operasional bus TMP dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Angkutan Perkotaan (PAP) Dinas Perhubungan (Dishub) Pekanbaru sejak 2009 hingga 2011. 

UPT PAP mengalami reformasi struktur menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) TMP pada 2012 hingga 2013. Pengembangan TMP dilakukan  pada 21 Juni 2013. Saat itu, bus TMP dikelola oleh Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan. Namun, PD Pembangunan hanya mengelola hingga 2016. Pengelolaan bus TMP diputuskan dikelola oleh UPT PAP Dishub Pekanbaru sejak 2016 hingga saat ini. 

Ada 15 koridor yang dibuka ketika itu. Koridor 01 melayani rute Pandau-Ramayana (Plaza Sukaramai). Koridor 1A melayani rute Rumah Sakit Awal Bros di Jenderal Sudirman ke Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II. Koridor 02 melayani rute Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS)-Kulim. Koridor 03 melayani rute Jalan Jenderal Sudirman-Kampus Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska). 

Koridor 4A melayani rute Pasar Tangor-Ramayana. Koridor 4B melayani rute Ramayana-Terminal BRPS. Koridor 4C melayani rute Mal Pelayanan Publik (MPP) ke Kompleks Perkantoran Tenayan Raya. Koridor 05 melayani rute Pelabuhan Sungai Duku-Jalan Jenderal Sudirman. Koridor 06 melayani rute Pandau-Terminal BRPS. Koridor 7A melayani rute Jalan Kartama-Jalan Tri Bakti. 

Koridor 7B melayani rute Pujasera Arifin Ahmad-Puskesmas Simpang Tiga melewati Jalan Kartama. Koridor 8A melayani rute Kantor Wali Kota (di Jalan Jenderal Sudirman) ke Universitas Lancang Kuning (Unilak). Koridor 8B melayani rute Unilak-Palas Raya. Koridor 9 melayani rute Terminal BRPS-UIN Suska. Koridor 10 melayani rute Ramayana-Stadion Rumbai. 

"Guna meningkatkan jumlah pengguna atau penumpang bus TMP, maka perlu segera didukung dengan pengoperasian angkutan feeder. Angkutan ini melayani trayek cabang dan ranting yang tarifnya terintegrasi (satu karcis) dengan bus TMP," kata Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso, Kamis (16/9/2021). 

Dishub telah membuat perencanaan trayek 11 feeder. Rute feeder 1 adalah Jalan Garuda Sakti-Jalan Melati-Jalan Nagasari-Jalan SM Amin (Pulang Pergi/PP). Rute feeder 2, Jalan Soebrantas-Jalan Cipta Karya-Rumah Potong Hewan-Jalan Purwodadi-Jalan Soebrantas. Rute feeder 3, Jalan Soebrantas-Jalan Swakarya-Jalan Saiyo-Jalan Sukakarya-Jalan Soebrantas. 

Rute feeder 4, Jalan Tuanku Tambusai-Jalan Srikandi-Jalan Delima-Jalan Soebrantas. Rute feeder 5, Jalan SoekarnoHatta-Jalan Lobak/Ardat-Jalan SM Amin. Rute feeder 6, Jalan Imam Munandar (Harapan Raya)-Jalan Kelapa Sawit-Jalan Rawamangun-Jalan Datuk Setia Maharaja, Jalan Jenderal Sudirman (PP). Rute feeder 7, Jalan Iman Munandar-Jalan Bukit Barisan-Jalan Kapau Sari-Jalam Pinang Merah-Jalan Datuk Setia Maharaja-Jalan Jenderal Sudirman (PP). 

Rute feeder 8, Jalan Hangtuah, Simpang BPG, Jalan Sail, Simpang Kuburan-Jalan Karya Bakti-Jalan Karya Bersama-Rusunawa Rejosari-Jalan Sumber Sari-Jalan Tanjung Datuk (PP). Rute feeder 9, Jalan Bukit Barisan-Jalan Singgalang-Simpang Sepakat-Polsek Tenayan-Jalan Hangtuah Ujung (Pasar Tangor)-Jalan Budi Luhur-Kantor Kecamatan Tenayan Raya (PP). 

Rute feeder 10, Jalan Garuda Sakti- Jalan Air Hitam-Jalan Sigunggung-Jalan SoekarnoHatta-Jalan Jenderal-Jalan Melur-Jalan Teratai-Pasar Kodim (PP). Rute feeder 11, Jalan Sembilang-Jalan Pramuka-Danau Kayangan-Taman Bunga Okura-Wisata Dakwah Okura-Kantor Kelurahan Tebing Tinggi Okura-Kantor (PP). "Pada 2022, enam rute feeder akan dioperasikan seperti feeder 2, 3, 7, 8, 9, dan 11," ungkap Yuliarso. 

Tepat pada peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas), Wali Kota Pekanbaru Firdaus meresmikan feeder (transportasi pendukung untuk bus Trans Metro Pekanbaru) hari ini. Namun, feeder ini hanya dibuka untuk kawasan Kecamatan Tenayan Raya. Wali Kota Firdaus di halaman Kantor Kecamatan Tenayan Raya, Jumat (17/9/2021), mengatakan, penggunaan feeder untuk bus TMP telah diresmikan hari ini. Ada 13 feeder yang telah direncanakan.

"Feeder ini melayani transportasi masyarakat dari rumah ke halte-halte bus Trans Metro Pekanbaru. Kami ingin memberikan pelayanan yang lebih dekat kepada masyarakat," ujarnya. 

Agar, masyarakat tidak perlu menggunakan kendaraan pribadi. Dengan pelayanan feeder ini, masyarakat yang ingin naik bus TMP dijemput hingga ke kawasan perumahan.  "Dari situ, kami bawa ke halte bus TMP. Warga bisa ke rute mana saja hanya dengan satu tiket. Tapi syaratnya, perpindahan antar koridor mesti di halte transfer," ucap Firdaus. 

Hari ini, Firdaus turun langsung mengecek ke koridor Imam Munandar (Harapan Raya) mulai dari persimpangan Jalan Bukit Barisan, tepatnya di simpang lampu merah Rumah Makan Baresolok. Feeder ini melayani warga di Jalan Sepakat hingga ke Jalan Lintas Timur dan berakhir di Kantor Camat Tenayan Raya. 

"Nanti juga, dari Koridor Baresolok, kami rencanakan juga ke Jalan Parit Indah-Jalan Datuk Setia Maharaja dan masuk ke Jalanan Jenderal Sudirman dan sampai ke Halte MTQ," ucap Firdaus. Jadi feeder ini menjemput masyarakat di dalam perumahan. Untuk pertama kali ini, feeder hanya melayani satu koridor saja.

"Setelah diluncurkan di halaman Gedung Utama Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, kami langsung uji coba rute dalam koridor yang telah ditentukan. Bila pandemi corona telah mereda, 13 koridor dapat dilayani feeder," sebut Firdaus. 

Salah satu contoh layanan feeder lainnya yaitu dari Rumah Kemasan di Jalan Lintas Timur terus ke Jalan Seroja. Di Jalan Seroja terdapat SD, SMP, SMK, Sport Center, tempat wisata. Nanti, kendaraan feeder ini akan keliling di Jalan Seroja dan masuk ke Jalan Palembang serta kembali ke Jalan Lintas Timur.  "Ini juga feeder yang akan melayani warga di Kecamatan Kulim," ucap Firdaus lagi. (Adv)