BREAKINGNEWS

Padang Digoyang Gempa 4 SR, Warga Berhamburan

ilustrasi gempa. (sumber;internet)

PADANG - Warga Padang dikejutkan gempa dengan magnitude 4,0 SR sekira pukul 19.23 WIB, Ahad (15/4/2018). Warga yang sedang istirahat dan duduk terkejut ketika melihat peralatan rumah tangga bergoyang.

"Kami sedang duduk di posko ini terkejut kenapa televisi ini bergoyang dan suara berderak dari tonggak posko ini," ujar Anton (25) warga Kelurahan Gunung Pangilun. Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat.

Dari hasil analisa BMKG Stasiun Geofisika Padang Panjang. Pusat gempabumi ini berada di laut pada koordinat 1.23 Lintang Selatan dan 100.06 Bujur Timur, sekitar 50 kilometer Barat Daya Padang, Sumatera Barat, pada kedalaman hiposenter 30 kilometer.

"Berdasarkan laporan dari masyarakan goncangan tersebut dirasakan di Padang dan Padang Panjang berkisar I Skala Intensitas Gempabumi BMKG (SIG-BMKG) atau antara II MMI," ungkap Rahmat Triyono, Kepala Stasiun Geofisika Klas I Padang Panjang.

Dilihat dari parameter kata Rahmat, gempa bumi ini termasuk gempabumi dangkal dengan mekanisme sumber gempanya merupakan sesar naik dan hal ini dapat disimpulkan gempabumi ini diduga diakibatkan adanya aktivitas subduksi di Pantai Barat Sumatera.

Jalur subduksi lempeng tektonik India-Australia dan Eurasia di Indonesia memanjang dari pantai barat Sumatera sampai ke selatan Nusa Tenggara. Pada sistim subduksi Sumatera dicirikan dengan menghasilkan rangkaian busur pulau depan (forearch islands) yang non vulkanik (Pulau Simeulue, Nias, Banyak, Batu, Siberut hingga Pulau Enggano).

"Historis gempabumi merusak yang pernah terjadi berdekatan pada lokasi tersebut yaitu Gempa bumi pada tanggal 02 Juni 2016 dengan magnitude 6.5 SR. Sebanyak 3 orang luka berat, 13 orang luka ringan dan ratusan rumah rusak di Kabupaten Pesisir Selatan," terangnya.

Sehubungan dengan kejadian gempabumi di sekitar Padang dan Padang Panjang, masyarakat khususnya di sekitar Padang dan Padang Panjang dihimbau agar tetap tenang dan selalu meningkatkan kewaspadaan bahwa gempabumi setiap saat dapat terjadi.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...